Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 13T "Leica" Dipastikan Masuk Indonesia

Kompas.com - 19/09/2023, 15:01 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi memastikan akan memboyong ponsel flagship anyarnya, Xiaomi 13T ke Indonesia dalam waktu dekat. Hal tersebut diumumkan lewat akun Instagram resmi Xiaomi Indonesia dengan handle @xiaomi.indonesia.

Unggahan tersebut menyertakan sebuah poster bertuliskan "Xiaomi 13T, Co-engineered with Leica" (dirakit bersama Leica). Itu artinya, kamera yang akan disematkan di Xiaomi 13T, merupakan rancangan Xiaomi bersama produsen kamera asal Jerman, Leica. Ini merupakan ponsel seri "T" pertama Xiaomi yang dibekali teknologi kamera Leica.

Xiaomi juga memastikan bahwa Xiaomi 13T akan menjadi ponsel dengan kamera Leica pertama yang dipasarkan di Indonesia.

"Kami berharap kehadiran Xiaomi 13T yang merupakan perpaduan inovasi smartphone Xiaomi dengan pengalaman Leica Authentic Experience pertama di Indonesia akan mendapat sambutan yang baik dari Xiaomi fans dan masyarakat Indonesia,” kata Country Director Xiaomi Indonesia, Wentao Zhao, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (19/9/2023).

https://www.instagram.com/p/CxXI043LunS/?igshid=MWZjMTM2ODFkZg%3D%3D

Belum diketahui kapan Xiaomi 13T rilis di Indonesia. Dalam poster, hanya tertera keterangan "coming soon to Indonesia" (segera hadir di Indonesia), tanpa menyebutkan tanggal peluncuran.

Baca juga: Xiaomi 13T Meluncur 26 September, Ponsel Seri-T Pertama dengan Kamera Leica

Bisa saja, peluncuran Xiaomi 13T di Indonesia tidak akan berjarak lama setelah perilisan globalnya. Rencananya, Xiaomi 13T akan diluncurkan secara global di Berlin, Jerman pada 26 September 2023.

Indikasi masuknya Xiaomi 13T di Indonesia sudah terendus sejak beberapa waktu lalu. Sebab, sertifikasi ponsel ini sudah muncul di laman Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Ponsel ini juga sudah terdaftar di laman Pos dan Telekomunikasi (Postel) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dalam laman TKDN, perangkat 5G dengan nomor model "2306EPN60G", yang diduga merupakan Xiaomi 13T, sudah lolos uji TKDN dengan nilai 37,20 persen.

Kemudian di laman Postel, perangkat dengan nomor model yang sama juga sudah dizinkan beredar di Indonesia, lantaran sudah mendapatkan sertifikasi Postel sejak 25 Juli lalu. 

Bocoran Spesifikasi Xiaomi 13T Series

Xiaomi dijadwalkan meluncurkan Xiaomi 13T series di Berlin, Jerman pada 26 September 2023. Xiaomi 13T series menjadi ponsel Xiaomi T-series pertama yang dilengkapi dengan kamera Leica.X/ @Xiaomi Xiaomi dijadwalkan meluncurkan Xiaomi 13T series di Berlin, Jerman pada 26 September 2023. Xiaomi 13T series menjadi ponsel Xiaomi T-series pertama yang dilengkapi dengan kamera Leica.

Dalam poster pengumumannya, Xiaomi belum mengumbar rincian spesifikasi Xiaomi 13T di Indonesia. Akan tetapi, bocoran spesifikasi ponsel tersebut sudah banyak beredar di internet.

Menurut bocoran yang beredar, Xiaomi 13T series bakal hadir dalam dua model, yakni Xiaomi 13T dan Xiaomi 13T Pro. Namun, belum diketahui apakah Xiaomi 13T Pro juga akan hadir di Indonesia juga atau tidak.

Untuk Xiaomi 13T, kabarnya bakal dilengkapi kamera utama 50 MP besutan Leica, kamera telefoto 50 MP (zoom optis 2x), dan kamera ultrawide 12 MP. Kamera depan ponsel ini konon beresolusi 20 MP.

Sementara Xiaomi 13T Pro diprediksi memiliki kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX707, kamera ultrawide 13 MP (f/2.2, sensor Omnivision OV138), dan kamera telefoto 50 MP dengan sensor Omnivision OVSOD. Kamera depannya konon menggunakan sensor Sony IMX596 beresolusi 20 MP.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com