Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPadOS 17 Sudah Bisa Di-download, Bawa Fitur Custom Lockscreen dari iPhone

Kompas.com - 19/09/2023, 14:40 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Sistem operasi iPadOS 17 kini sudah bisa di-download oleh pemilik perangkat iPad secara global, termasuk Indonesia. iPadOS 17 digelontorkan mulai hari ini, Selasa (19/9/2023).

Pengguna iPad yang kebagian iPadOS 17, akan menerima notifikasi ketersediaan sistem operasi versi terbaru di perangkat.

Jika belum menerimanya, pengguna bisa mengecek update (pembaruan) secara manual di menu Settings (Pengaturan), klik “General”, dan pilih “Software Update”.

Apabila pembaruan iPadOS 17 sudah muncul, pengguna cukup mengeklik tombol "Download and install". Kemudian, pembaruan akan dilakukan otomatis secara Over The Air (OTA) atau melalui jaringan internet.

Agar bisa mengunduh iPadOS 17, iPad tersebut harus sudah menjalankan sistem operasi paling akhir yaitu iPad 16.6.1.

Jika perangkat masih menjalankan OS versi lebih lama atau di bawah versi tersebut, maka sistem akan meminta pengguna untuk memperbarui iPadOS ke versi 16.6.1 terlebih dulu.

Selain itu, pengguna juga perlu mengetahui mana saja model iPad yang kebagian iPadOS 17 dan tidak.

Baca juga: Pengguna iPhone dan iPad Lawas Wajib Update untuk Tangkal Spyware Pegasus

Berikut adalah daftar lengkap iPad yang kebagian iPadOS 17, sebagaimana dikutip KompasTekno di laman resmi Apple.com, Selasa (19/9/2023).

  • iPad Pro 12,9 inci generasi ke-2 atau versi paling baru
  • iPad Pro 10,5 inci
  • iPad Pro 11 inci generasi pertama atau paling baru
  • iPad Air generasi ke-3 atau paling baru
  • iPad generasi ke-6 atau paling baru
  • iPad Mini generasi ke-5 atau paling baru

Fitur baru iPadOS 17

Lockscreen yang bisa diatur sedemikian rupa

Fitur kustomisasi lockscreen di iPadOS 17Apple Fitur kustomisasi lockscreen di iPadOS 17

Salah satu fitur baru yang terssdia di iPadOS 17 adalah kemampuan untuk melakukan pengaturan tampilan layar yang sedang terkunci (lock screen).

Fitur ini sebelumnya hadir di iPhone melalui iOS 16. Pengguna dapat mengganti, merombak, atau mendesain ulang wallpaper mereka menyesuaikan kebutuhan dan selera. Mulai dari menambah widget, mengganti jenis font, warna tulisan, dan sebagainya.

Menurut Apple, kebaruan ini dibawa karena pengguna iPhone sangat menyukai fitur personalisasi layar lockscreen. Maka dari itu, perusahaan mencoba menghadirkan pengalaman serupa ke iPad.

Selain itu, iPadOS 17 juga memungkinkan pengguna mengganti foto latar (wallpaper) dengan foto bergerak, alias Live Wallpaper. Misalnya, pemandangan pantai. Foto pantai tersebut tidak statis, tetapi dapat menujukkan air dan ombak yang bergerak.

Live Activities

Fitur Live Activities di iPadOS 17. Fitur ini memungkinkan penguna memantau status pemesanan hingga skor pertandingan secara langsung (live)Apple Fitur Live Activities di iPadOS 17. Fitur ini memungkinkan penguna memantau status pemesanan hingga skor pertandingan secara langsung (live)

Fitur baru iPadOS 17 berikutnya adalah dukungan widget secara langsung (Live Activities). Fitur ini memungkinkan pengguna memantau status pemesanan makanan, rencana liburan, timer, hingga hasil skor pertandingan bola yang berjalan secara real-time (langsung), dan sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com