Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Foto AI Yearbook ala Buku Tahunan Sekolah, Begini Cara Bikinnya

Kompas.com - Diperbarui 04/10/2023, 09:21 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan muncul tren foto baru yang dibagikan di media sosial, yaitu foto ala buku tahunan sekolah yang dibuat menggunakan fitur kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) Yearbook.

Tren foto AI Yearbook ini ramai dibagikan pengguna di TikTok, Instagram, hingga X Twitter.

Selain ramai di kalangan pengguna biasa, tren ini juga turut diramaikan oleh para kreator konten, selebriti, musisi dan masih banyak lagi. Unggahan yang dibagikan disertai tanda pagar (tagar/hashtags) #yearbooktrend atau #yearbook.

Foto AI Yearbook ala buku tahunan sekolah ini menjadi viral karena foto yang dihasilkan mengajak pengguna bernostalgia ke tahun 1990-an. Wajah, gaya berpakaian, hingga model rambut yang di-edit mengadopsi gaya fashion (mode) dari era 90-an.

Baca juga: Cara Bikin Foto AI Mirip Artis Korea dengan Aplikasi Snow

Berikut adalah sampel foto ala buku tahunan menggunakan AI Yearbook.

Hasil foto yearbook yang diedit menggunakan AIEpik Hasil foto yearbook yang diedit menggunakan AI

Kemampuan mengedit foto AI ini dapat dibuat mengunakan aplikasi asal Korea Selatan yang bernama Epik. Aplikasi ini dapat diunduh oleh seluruh pengguna Android ataupun iOS. Aplikasi dapat di-download langsung di Google PlayStore dan Apple App Store.

Cara kerja aplikasi Epik mirip dengan aplikasi edit foto Snow, yang juga sempat viral beberapa waktu lalu. Hanya saja, perbedaannya terletak pada filter foto yang dihasilkan. Snow membuat wajah pengguna tampak seperti orang Korea, sedangkan Epik mengedit wajah dan penampilan pengguna layaknya foto buku tahunan sekolah.

Hasil editan membuat wajah pengguna tampil lebih muda, seperti anak-anak SMA. Beberapa selebriti asal Indonesia, seperti Dian Sastro, Andre Taulany, Anya Geraldine juga turut meramaikan tren foto ala buku tahunan. Sejumlah foto yang diunggah menampilkan wajah dari keduanya yang tampak lebih muda dengan gaya berpakaian yang berbeda-beda.

Mulai dari baju kasual, seperti kaos dan celana jeans, sweater rajut, pakaian baju olahraga baseball, anggota cheerleader (pemandu sorak) yang memegang bola basket, jaket kulit berwarna cokelat dan hitam, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Tools AI Pembuat Gambar Otomatis Bantu Desain Grafis Cari Referensi Ide

Jika Anda tertarik dan ingin meramaikan tren foto baru ala buku tahunan ini, simak langkah-langkah membuatnya berikut ini.

Cara bikin tren foto Yearbook

Cara bikin foto ala buku tahunan di aplikasi EpikKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Cara bikin foto ala buku tahunan di aplikasi Epik

  • Download aplikasi “Epik” di Google Play Store atau Apple App Store. Logo dari aplikasi ini didominasi warna hitam dan putih, disertai tulisan dari huruf “E”.
  • Buka aplikasi Epik. Pengguna akan diminta untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan yang diberlakukan oleh sistem. Klik “Start Editing”.
  • Epik mengatakan bahwa pengeditan gambar menggunakan kecerdasan AI. Ada potensi hasil gambar tidak sesuai dengan keinginan pengguna. Maka dari itu, diimbau untuk menggunakan foto yang memperlihatkan wajah dengan jelas, terdiri dari berbagai macam ekspresi, angles, dan foto latar yang berbeda.
  • Pengguna akan diminta untuk memilih 8–12 foto selfie untuk membuat foto buku tahunan. Foto yang digunakan tidak boleh foto anak-anak, mengandung konten pornografi atau foto telanjang, wajah yang terlalu dekat (close-up), foto grup, foto berwarna hitam putih yang rendah resolusi, dan foto dengan makeup tebal.
  • Aplikasi akan meminta izin mengakses Gallery (Photos) di perangkat. Pengguna harus memilih 8–12 foto berdasarkan ketentuan yang sudah dijabarkan di atas. Jika sudah, klik “Create Yearbook Images”.

Harga aplikasi Epik

Perlu diketahui, usai memilih foto yang ingin dijadikan foto ala buku tahunan, pengguna harus terlebih dulu merogoh kocek bergantung pada jenis paket yang dibeli.

Paket yang ditawarkan terdiri dari dua, yakni Paket Standard dan Express, dengan banderol masing-masing paket seharga Rp 69.000 dan Rp 99.000.

Paket Standard memungkinkan pengguna membuat 60 foto buku tahunan dalam kurun waktu 24 jam, sedangkan paket Express memungkinkan sistem menghasilkan 60 foto dalam kurun waktu dua jam saja.

Baca juga: Ramai Bikin Foto ala Artis Korea dengan AI Snow, Ini Caranya

“Membuat foto tahunan AI memerlukan banyak biaya, tetapi kami harap kami dapat memberi Anda layanan yang sesuai,” tulis Epik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com