Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple M3, Chip 3 Nm Pertama untuk Komputer Desktop

Kompas.com - 31/10/2023, 18:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam acara virtual bertajuk "Scary Fast" yang digelar Apple pada Selasa (31/10/2023) pagi waktu Indonesia, Apple mengumumkan jajaran chip M3 terbarunya.

Ada tiga chip M3 yang dirilis Apple yaitu M3, M3 Pro, dan M3 Max, yang dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 3 nanometer (nm).

Apple chip M3 ini akan mentenagai komputer desktop (PC) iMac dan MacBook terbaru.

Ketiga chip ini dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 3 nanometer (nm), pertama bagi Apple. Pada generasi sebelumnya di M2 Series, Apple menggunakan teknologi fabrikasi 5 nm.

Apple mengeklaim teknologi tersebut sebagai proses fabrikasi paling mumpuni saat ini, untuk chip kategori desktop.

"Apple M3 Series merupakan chip desktop (PC) pertama di dunia dengan teknologi 3 nm," jelas SVP Hardware Technologies Apple, Johny Srouji dalam acara virtual Apple pagi tadi, seperti dikutip KompasTekno dari kanal YouTube Apple, Selasa siang.

Sebelumnya, Apple sebenarnya pernah membuat chip 3 nm.

Namun, teknologi tersebut untuk merancang chip kategori smartphone, yaitu Apple A17 Pro yang mentenagai ponsel terbaru mereka iPhone 15 Pro. Chip ini juga merupakan chip 3 nm pertama di industri smartphone.

Kembali ke kategori desktop PC, chip tercanggih yang ada sebelum Apple M3 adalah Snapdragon X Elite yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 4 nm.

Baca juga: Apple Umumkan M3, M3 Pro, dan M3 Max, Chip Fabrikasi 3 Nm untuk iMac dan MacBook

Qualcomm mengeklaim chip yang diperkenalkan pada acara Snapdragon Summit 2023 beberapa hari lalu tersebut lebih mumpuni dan efisien dari chip Apple yang dirilis tahun lalu, yaitu Apple M2 dengan fabrikasi 5 nm.

Selain Qualcomm, AMD juga memiliki chip 4 nm mereka dari keluarga chip laptop Ryzen 7040-Series, meliputi Ryzen 5 7640HS, Ryzen 7 7840HS, hingga Ryzen 9 7940HS.

Ilustrasi logo Intel Core.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi logo Intel Core.

Berbeda dengan Qualcomm dan AMD, pabrikan chip Intel tak memiliki prosesor desktop PC dengan fabrikasi 4 nm. 

Chip atau prosesor (CPU) terbaru mereka, seperti prosesor Intel Core Generasi ke-13 (Raptor Lake) laptop Intel Core i9-13950HX, dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 10 nm, atau yang biasa disebut dengan pemrosesan Intel 7.

Chip Intel generasi terbaru yang dijuluki dengan kode nama "Meteor Lake", akan dibuat dengan fabrikasi 7 nm, atau disebut dengan pemrosesan Intel 4.

Namun, produk tersebut belum meluncur ke publik dan diperkirakan akan diumumkan sekitar akhir tahun 2023 ini.

Nah, dari sini, kita setidaknya bisa melihat bahwa produsen atau pembuat chip tampaknya berlomba-lomba untuk menggunakan teknologi fabrikasi paling kecil yang mereka bisa gunakan.

Baca juga: Apple Rilis MacBook Pro dengan Chip M3, Harga mulai Rp 25 Juta

Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa semakin kecil "angka" nanometer di suatu chip, maka performa dan tingkat efisiensi chip tersebut justru akan semakin tinggi.

Dengan kata lain, ada kemungkinan produsen chip desktop PC selain Apple, seperti Qualcomm, AMD, dan Intel tadi, juga akan memproduksi chip desktop dengan fabrikasi 3 nm di masa depan untuk berkompetisi dengan pasar.

Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com