Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Akun Gmail di HP dan Laptop dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 05/11/2023, 10:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar yang perlu diketahui pengguna dalam mengoperasikan Gmail. Adapun salah satu panduan dasar itu adalah cara membuat akun Gmail. Cara ini perlu diketahui sebelum pengguna bisa mengakses Gmail.

Sebagai informasi, Gmail adalah layanan e-mail atau surat elektronik dari Google. Supaya bisa berkirim e-mail melalui Gmail, setiap pengguna wajib memiliki akun atau alamat e-mail. Tanpa akun Gmail, pengguna tak akan bisa mengakses layanan e-mail Google itu.

Baca juga: 5 Cara Melihat Password Gmail yang Lupa di HP dan Laptop dengan Mudah

Selain itu, akun Gmail juga dibutuhkan untuk pengguna bisa mengakses layanan Google yang lain. Perlu diketahui, Google punya beragam layanan, di antaranya YouTube, Google Drive, dan Google Maps. Untuk mengakses layanan itu, pengguna butuh akun Gmail.

Dengan adanya fungsi-fungsi yang cukup penting itu, pengguna akhirnya perlu mengetahui langkah-langkah membuat Gmail. Pengguna yang terbiasa mengakses Gmail mungkin tak memerlukan lagi penjelasan soal langkah-langkah membuat Gmail.

Akan tetapi, tak semua pengguna telah mengerti soal langkah-langkah membuat Gmail, terutama pengguna yang tengah belajar mengoperasikan Gmail. Jika tengah belajar dan belum tahu soal langkah-langkah membuat Gmail, tak usah khawatir.

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara membuat akun Gmail dengan mudah dan praktis. Lantas, bagaimana cara membuat akun Gmail? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini soal cara membuat akun Gmail dengan mudah dan praktis.

Cara membuat akun Gmail

Seperti yang sempat disinggung di atas, untuk mengakses layanan Gmail, setiap pengguna wajib memiliki akun atau alamat e-mail. Akun Gmail itu memiliki susunan yang terdiri dari dua bagian, yang dipisah dengan simbol “@”. Misalnya, “rahmat@gmail.com”.

Teks yang berada di bagian kiri dari simbol “@” adalah identitas pengguna sebagai pemilik akun Gmail. Kemudian, bagian kanannya merupakan nama atau domain dari penyedia layanan e-mail, yang mana itu adalah Gmail.

Akun Gmail dengan susunan seperti itu dapat dibuat melalui berbagai cara. Pengguna bisa membuat akun Gmail melalui HP (handphone) ataupun laptop.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di Gmail agar Tak Mudah Diretas

Adapun penjelasan masing-masing cara membuat akun Gmail di HP dan laptop dengan mudah dan praktis adalah sebagai berikut:

1. Cara membuat akun Gmail di HP

  • Buka aplikasi Gmail di HP.
  • Kemudian, pada halaman awal aplikasi, pilih opsi “Create Account”.
  • Setelah itu, masukkan beberapa data diri seperti nama dan tanggal lahir.
  • Berikutnya, pengguna diminta untuk membuat akun Gmail atau alamat Gmail dengan nama identitas yang sesuai keinginan.
  • Lalu, pengguna bakal diminta untuk membuat password dari akun Gmail tersebut.
  • Setelah password ditambahkan, pengguna kini dapat menggunakan akun Gmail itu untuk mengakses berbagai layanan Google, termasuk layanan surat elektroniknya.

Ilustrasi cara membuat akun Gmail di HP.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat akun Gmail di HP.

2. Cara membuat akun Gmail di laptop

  • Buka website Gmail yang beralamatkan di mail.google.com, melalui browser di laptop.
  • Selanjutnya, pengguna bisa mulai untuk membuat akun Gmail. Langkah-langkah membuat Gmail di laptop itu mirip dengan di HP.
  • Pada halaman awal website, pengguna bisa klik opsi “Create Account”.
  • Setelah itu, masukkan beberapa data diri seperti nama dan tanggal lahir.
  • Berikutnya, pengguna diminta untuk membuat alamat Gmail dengan nama identitas yang sesuai keinginan.
  • Lalu, pengguna bakal diminta untuk membuat password dari alamat Gmail tersebut.
  • Setelah password ditambahkan, pengguna kini dapat menggunakan alamat Gmail itu untuk mengakses berbagai layanan Google, termasuk layanan surat elektroniknya.

Pengguna bisa memakai akun Gmail yang baru saja dibuat itu, bukan hanya untuk mengakses layanan e-mail Google, melainkan juga buat membuka layanan Google yang lain, seperti YouTube, Google Drive, Play Store, Maps, dan masih banyak lagi.

Tips membuat akun Gmail

Sebagai informasi tambahan, dalam pembuatan alamat Gmail, pengguna perlu memperhatikan beberapa tips supaya berhasil dan aman. Dikutip dari laman resmi Google, adapun tips membuat akun Gmail adalah sebagai berikut:

  • Buat password akun Gmail dengan memiliki komposisi yang unik, lebih panjang, dan mudah diingat.
  • Hindari membuat password dengan komposisi yang mengandung informasi pribadi seperti tanggal lahir. Hindari juga membuat password akun Gmail dengan komposisi yang mengandung kata-kata umum.
  • Perhatikan nama identitas yang hendak dipakai menjadi alamat Gmail. Pengguna tidak akan bisa mendapatkan alamat Gmail jika nama identitas yang hendak digunakan berada dalam kondisi:
    • Sudah digunakan.
    • Sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada. Contoh, jika sebelumnya sudah ada alamat Gmai “contoh@gmail.com”, pengguna tidak dapat menggunakan “cont0h@gmail.com”.
    • Sama seperti nama pengguna yang pernah dipakai seseorang, yang kemudian telah dihapus.
    • Tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan.

Cukup mudah bukan cara membuat akun Gmail di laptop dan HP? Dengan cara di atas, pengguna tak perlu bingung lagi ketika tengah belajar mengoperasikan Gmail. Pengguna bisa membuat akun Gmail dengan mudah untuk dipakai belajar mengoperasikan Gmail.

Baca juga: Apa Itu Passkey yang Bisa untuk Login Akun Google Tanpa Password?

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara membuat akun Gmail di HP dan laptop dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com