Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bakal Sediakan Foto Profil Cadangan untuk Kontak Tak Dikenal

Kompas.com - 02/11/2023, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) tengah menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna membuat foto profil alternatif alias foto profil cadangan, untuk kontak yang tidak dikenal atau belum tersimpan.

Saat ini, WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna menentukan siapa saja yang bisa melihat foto profilnya.

Nah, bila sebelumnya pengguna bisa mengatur foto profilnya hanya bisa dilihat oleh kontak mereka saja, dengan fitur profil foto cadangan ini, mereka mendapatkan opsi untuk membuat foto profil alternatif.

"Jika Anda mengatur foto profil Anda ke audiens yang terbatas, Anda bisa menampilkan foto dan nama cadangan, sehingga orang lain tidak bisa melihat foto profil Anda (yang asli)," demikian deskripsi yang tercantum pada fitur itu.

Baca juga: Cara Blokir WhatsApp tapi Foto Profil Tetap Ada, Mudah dan Praktis

Secara umum, fitur profil cadangan ditujukan untuk lebih menjaga privasi pengguna. Sebab, profil cadangan akan menyamarkan profil utama pengguna dari pengguna lain atau dari kontak yang tidak dikenal.

Beberapa item profil yang bisa dimasukan dalam profil cadangan yaitu nama pengguna serta foto profilnya. Jadi, pengguna bisa membuat nama hingga foto profil yang berbeda dari profil utama yang dipakai di WhatsApp.

Dengan begitu, kontak yang mungkin tidak Anda kenal, tidak akan tahu bagaimana profil Anda sesungguhnya, melainkan hanya dari profil cadangan saja.

Tanda-tanda hadirnya fitur itu terlihat dari pembaruan aplikasi WhatsApp beta versi 2.23.24.4. Pembaruan itu digulirkan WhatsApp lewat program beta Google Play untuk pengguna WA Android.

Menurut tangkapan gambar (screenshot) yang dibagikan situs WABetaInfo, fitur profil cadangan WA muncul di menu Pengaturan > Privasi > Foto Profil.

Tampilan fitur profil cadangan WhatsAppWABetaInfo Tampilan fitur profil cadangan WhatsApp

Fitur ini juga bisa diakses lewat menu Profil WA pengguna langsung, sebagaimana dihimpun dari situs yang kerap membocorkan fitur WhatsApp, WABetaInfo, Kamis (2/11/2023).

Perlu dicatat bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan baru akan tersedia lewat pembaruan WA mendatang. Jadi rincian lainnya akan diketahui ketika pembaruan itu digulirkan.

Baca juga: 3 Cara Membuat Foto Profil WhatsApp Kosong dengan Mudah

Siapkan fitur pesan rahasia

Belakangan WhatsApp aktif mengembangkan fitur yang mengedepankan privasi pengguna. Selain profil cadangan, aplikasi pesan instan itu juga belum lama ini dilaporkan dengan mengembangkan fitur pesan suara alias voice note rahasia yang bisa terhapus sendiri.

Karena mengedepankan privasi, pesan itu juga hanya bisa didengarkan satu kali. Setelah diputar, pesan suara akan terhapus.

Konsep ini sama seperti pesan sekali lihat (View Once) di WhatsApp. Selama ini, fitur pesan sekali lihat bisa dipakai untuk pesan media, termasuk foto dan video.

Nah, WhatsApp memperluas dukungan fitur sekali lihat itu untuk pesan suara.

Selain hanya bisa didengarkan sekali saja, pesan suara dalam mode "sekali lihat" juga tidak bisa disimpan, tidak bisa diteruskan (forward) atau diekspor.

Fitur pesan suara dengan mode sekali lihat ini baru digulirkan ke sejumlah pengguna beta baik Android lewat Play Store maupun iOS lewat aplikasi TestFlight.

Di Android, fitur pesan suara yang terhapus otomatis tersedia di WhatsApp beta versi 2.23.22.4. Sementara itu di iOS, tersedia dalam versi 23.21.1.73.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com