Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ciri-ciri Laptop Terkena Virus, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 23/11/2023, 16:02 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa pengguna komputer atau laptop mungkin pernah merasakan perangkatnya yang tiba-tiba menurun kinerjanya. Bahkan tak jarang file atau data yang tersimpan tiba-tiba hilang dengan sendirinya.

Lantas mengapa ini terjadi? Hal ini bisa jadi karena laptop atau PC Anda disusupi oleh virus tertentu. Virus ini biasanya menurunkan kinerja atau pemrograman komputer Anda. Salah satu penyebab laptop terkena virus biasanya karena tidak sengaja mengunduh file atau program dari sumber yang tidak terpercaya.

Untuk meningkatkan kewaspadaan Anda, berikut ini ciri-ciri laptop terkena virus, dan bagaimana cara mengatasinya. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Baca juga: Ini Dia 5 Virus Komputer Pertama di Dunia dan Penciptanya

Muncul jendela pop up tiba-tiba

Salah satu tanda laptop terkena virus, tiba-tiba muncul jendela pop up di layar PC atau laptop. Biasanya akan muncul pesan palsu mengenai komputer yang mengalami masalah keamanan. Instruksi ini biasanya meminta Anda untuk mengklik tautan dan menghubungi nomor tertentu.

Terjadi perubahan file atau folder

Ciri-ciri selanjutnya bisa jadi file atau folder yang tersimpan di laptop tiba-tiba hilang. Tak hanya itu sistem yang terkecoh virus bisa jadi membuat ikon file atau folder juga berubah tiba-tiba. Hal ini bisa jadi mengindikasikan sistem terkena virus.

Performa lemot

Cek apakah komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya. Performa dan kinerja sistem yang menurun bisa jadi dikarenakan laptop telah disusupi malware.

Terhubung ke situs lain secara tiba-tiba

Tanda lain bahwa komputer Anda terinfeksi adalah ketika software antivirus Anda memberikan notifikasi bahwa ada program yang mencoba terhubung ke situs web yang tidak dikenal.

Umumnya komputer tidak membuat koneksi sendiri tanpa izin. Biasanya, pengguna harus memulai koneksi tersebut. Jika Anda merasa tidak melakukan itu, kemungkinan besar ada perangkat lunak yang bermasalah atau terkena virus yang mencoba terhubung tanpa izin.

Laptop tiba-tiba kekurangan ruang penyimpanan

Apakah tiba-tiba komputer Anda kekurangan ruang penyimpanan pada hard drive-nya? Beberapa jenis virus atau worm, biasanya membuat salinan yang disebut "disk bombs" yang menyebabkan memenuhi hard drive komputer.

Sulitnya mengunduh dan memperbarui aplikasi antivirus

Jika Anda kesulitan mengunduh dan menginstal perangkat lunak antivirus, atau Anda tidak dapat memperbarui program yang ada, bisa jadi terdapat virus di laptop Anda.

Baca juga: Viral Video WhatsApp Bikin HP Hang atau Lag gara-gara Virus Virtex, Benarkah Demikian?

Cara mengatasi dan mencegah laptop yang terkena virus

Berikut ini beberapa upaya yang bisa Anda coba untuk mengatasi laptop yang terkena virus.

Backup data penting

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat backup data penting yang tersimpan di laptop. Ini penting dilakukan untuk mencegah kehilangan data jika virus tidak dapat dihapus sepenuhnya.

Anda dapat membuat backup data menggunakan hard drive eksternal, cloud storage, atau perangkat penyimpanan lainnya.

Rajin memperbarui sistem operasi

Salah satu cara utama virus masuk ke dalam komputer adalah melalui celah keamanan pada perangkat lunak yang sudah ada.

Langkah pertama untuk mencegah komputer Anda terinfeksi adalah pastikan bahwa aplikasi, perangkat lunak antivirus, dan sistem operasi Anda selalu diperbarui. Anda juga bisa mengurangi risiko keamanan dengan menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan.

Gunakan antivirus

Antivirus merupakan software yang dirancang untuk mendeteksi dan menghapus virus. Untuk menghapus virus dari laptop Anda, gunakan antivirus yang terpercaya dan up-to-date. Anda dapat menggunakan antivirus bawaan Windows, seperti Windows Defender, atau antivirus dari vendor pihak ketiga, seperti Avast, Avira, atau Malwarebytes.

Matikan laptop Anda dan restart kembali

Setelah virus berhasil dihapus, matikan laptop Anda dan restart kembali. Hal ini penting untuk memastikan bahwa virus telah benar-benar terhapus dan tidak akan muncul kembali.

Apabila Anda tidak yakin bagaimana menghapus virus dari laptop, Anda dapat membawanya ke tempat servis komputer. Teknisi komputer akan membantu Anda menghapus virus dan memulihkan data yang hilang.

Baca juga: Hacker Sebar Malware Lewat Film Bajakan The Super Mario Bros Movie

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri, cara mencegah dan mengatasi komputer yang terkena virus. Semoga bermanfaat. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com