Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Resmi Umumkan Mobil Listrik SU7 dan SU7 Max, Bertenaga Snapdragon 8295 dan HyperOS

Kompas.com - 29/12/2023, 07:28 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen smartphone Xiaomi akhirnya resmi mengumumkan mobil listrik (electric vehicle/EV) pertama mereka. Pengumuman ini digelar dalam sebuah acara yang digelar pada Kamis (28/12/2023) waktu China.

Mobil listrik perdana Xiaomi dinamai SU7 dan hadir dalam dua tipe, yaitu SU7 dan SU7 Max. Kedua mobil ini bertipe sedan yang mirip dengan mobil listrik Porsche Taycan Turbo dan Tesla Model S.

Selain itu, Xiaomi SU7 juga dibalut dengan desain mewah yang sarat akan berbagai lekukan elegan, serta lampu depan dan belakang mewah yang "menyipit".

Bagian depan mobil yang memiliki dimensi 4.997 x 1.963 x 1.455 mm (panjang, lebar, tinggi) ini merupakan bagasi yang diklaim memiliki kapasitas sebesar 105 liter, lebih besar dari Tesla Model S dengan 89 liter atau Porsche Taycan Turbo dengan 84 liter.

Masih soal desain, Xiaomi SU7 hadir dengan tiga warna mengilap (glossy), yaitu Mineral Gray (abu-abu metalik), Aqua Blue (biru laut metalik, dan Verdant Green (hijau kecoklatan (army) metalik).

Varian Aqua Blue bisa dibilang cukup unik karena menampilkan desain mobil dengan warna biru laut yang nyentrik dan beda dari mobil listrik lainnya.

Perfoma Xiaomi SU7

Ilustrasi performa Xiaomi SU7.Xiaomi Ilustrasi performa Xiaomi SU7.

Xiaomi SU7 adalah mobil listrik sedan dengan sistem penggerak rear wheel drive (RWD). EV ini dibekali dengan mesin V6 yang memiliki tenaga maksimal 220 kW dan torsi 400 Nm. Xiaomi mengeklaim mobil ini bisa menyentuh kecepatan 0-100 km/h hanya dalam waktu 5,28 detik.

Pada sektor baterai, Xiaomi SU7 ditenagai dengan Qilin Batttery dari Contemporary Amperex Technologu (CATL) berkapasitas 73,6 kWh. Baterai sebesar ini disebut membuat mobil listrik Xiaomi itu menempuh jarak maksimal 668 km dalam sekali pengisian daya penuh.

Berbeda dengan Xiaomi SU7, Xiaomi SU7 Max lebih mumpuni karena merupakan mobil listrik sedan dengan sistem penggerak all wheel drive (AWD). Mesin yang diadopsi mobil ini bertipe ganda dan mampu menawarkan tenaga maksimal 425 kW dengan torsi 838 Nm.

Xiaomi mengeklaim SU7 Max memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/h hanya dalam waktu 2,78 detik, serta 0-200 km/h dalam waktu sekitar 10,67 detik.

Adapun kecepatan tertinggi (top speed) mobil listrik ini disebut mencapai 265 km/h, lebih tinggi dari Porsche Taycan Turbo dengan 260 km/h atau Tesla Model S dengan 250 km/h.

Untuk sektor baterai, Xiaomi SU7 Max juga dibekali dengan Qilin Battery dari CATL dengan kapasitas 101 kWh, dan dengan baterai ini, Xiaomi mengeklaim mobil listrik tersebut bisa menempuh jarak hingga 800 km.

Jika baterainya habis, Xiaomi SU7 Max bisa diisi dayanya dalam waktu 10 menit untuk mendapatkan tenaga jarak tempuh sekitar 390 km. Sedangkan baterai SU7 bisa diisi dalam waktu sekitar 5 menit untuk menempuh jarak sekitar 220 km.

Baca juga: Kalau Mau Buat Chip Sendiri, Indonesia Harus Mulai Sekarang

Interior dan Sensor

Interior depan mobil listrik Xiaomi SU7.Xiaomi Interior depan mobil listrik Xiaomi SU7.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com