Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampang OnePlus 12R Diungkap, Ini Bedanya dari Reguler

Kompas.com - 28/12/2023, 13:05 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - OnePlus resmi membagikan tampilan dari smartphone terbarunya, OnePlus 12R. Ponsel ini akan menjadi model kedua dari OnePlus 12 series, yang rencananya akan diluncurkan di pasar global pada 23 Januari 2024.

OnePlus 12 versi "reguler" sendiri sudah diluncurkan di China pada 6 Desember 2023 lalu.

Adapun tampilan OnePlus 12R ini dibagikan oleh akun OnePlus global di media sosial X (dahulu Twitter). Dalam video berdurasi tujuh detik ini, pengguna bisa melihat bagian punggung OnePlus 12R.

Punggung ini memiliki desain yang sama seperti OnePlus 12 dan OnePlus 11. Sebab, bagian belakang OnePlus 12R dilengkapi oleh modul kamera besar berbentuk lingkaran. Modul ini diletakkan di sudut kiri atas punggung gawai.

Baca juga: OnePlus 12 Resmi dengan Snapdragon 8 Gen 3 dan Kamera Periskop

Perbedaannya, modul kamera OnePlus 11 memiliki warna hitam sehingga berbeda dengan warna punggung gawai, sedangkan modul kamera OnePlus 12 dan OnePlus 12R sama dengan warna punggungnya.

Belum diketahui spesifikasi kamera yang dimuat dalam modul milik OnePlus 12R. Rumor yang beredar mengeklaim bahwa OnePlus 12R konon dilengkapi oleh kamera utama 50 MP, kamera ultra wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Ada juga lampu LED flash untuk pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya. Di luar urusan fotografi, terdapat logo OnePlus berwarna hitam yang diletakkan di tengah punggung ponsel.

Pengguna pun bisa melihat tiga tombol yang dimiliki OnePlus 12R. Pada bagian kanan ponsel, terdapat tombol daya (power) dan tombol volume. Sementara itu, bagian kiri smartphone dibekali oleh tombol Alert Slider.

Tampilan OnePlus 12R yang akan meluncur di pasar global pada Januari 2024Android Authority Tampilan OnePlus 12R yang akan meluncur di pasar global pada Januari 2024
Tombol ini digunakan untuk mengatur mode senyap (silent), bergetar (vibrate), atau bersuara (sound).

Penempatan Alert Slider ini cukup berbeda dengan OnePlus 11, yakni di bagian kanan ponsel. Hal tersebut diklaim dilakukan untuk merelokasi sistem antena terintegrasi OnePlus 12R untuk konektivitas yang lebih baik, khususnya saat bermain game online.

OnePlus 12R rencananya akan hadir dalam varian warna Cool Blue dan Iron Gray. Varian Cool Blue memiliki finishing glossy, sedangkan Iron Gray memiliki finishing matte.

Keduanya kabarnya akan memiliki bingkai (frame) metal dan punggung berbahan kaca sehingga nyaman dipegang.

Baca juga: Sinyal OnePlus Batal Masuk Pasar Smartphone Indonesia Makin Kuat

Video yang dibagikan akun OnePlus global juga mengungkapkan tanggal rilis ponsel tersebut. OnePlus 12R akan dirilis dalam sebuah acara peluncuran pada 23 Januari 2024 pukul 09.00 pagi EST (pukul 21.00 WIB malam).

Selain OnePlus 12R, perusahaan yang bermarkas di Shenzhen ini juga mengungkapkan tampilan ponsel OnePlus Ace 3 di forum Weibo. OnePlus Ace 3 rencananya akan meluncur di China pada 4 Januari 2024, dan diperkirakan akan di-rebrand menjadi OnePlus 12R.

Tampilan OnePlus Ace 3 yang diperkirakan akan di-rebrand menjadi OnePlus 12RAndroid Authority Tampilan OnePlus Ace 3 yang diperkirakan akan di-rebrand menjadi OnePlus 12R
OnePlus Ace 3 memiliki tampilan yang persis seperti OnePlus 12R. Perbedaannya terletak pada tambahan varian warna perunggu (bronze). Mengingat teaser global tidak menunjukkan warna bronze, ada kemungkinan warna tersebut hanya eksklusif untuk OnePlus Ace 3.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com