Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Pertama Xiaomi, SU7 dan Mirip Porsche Taycan Turbo

Kompas.com - 28/12/2023, 08:25 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ArenaEV

KOMPAS.com - CEO Xiaomi, Lei Jun terus mengumbar sejumlah informasi terkait mobil listrik (electric vehicle/EV) pertama Xiaomi, menjelang acara pertama mereka tentang teknologi EV yang akan digelar pada Kamis (28/12/2023) siang ini.

Kali ini, Lei Jun mengumbar nama dan desain nyata mobil listrik perdana Xiaomi. Dalam sebuah postingan X (dahulu Twitter) via handle @leijun, ia mengonfirmasi bahwa mobil listrik pertama Xiaomi akan bernama Xiaomi SU7, sama seperti rumor yang menyeruak sebelumnya.

Lewat posting terpisah, Lei Jun mengatakan bahwa "SU" dalam nama model SU7 memiliki singkatan "Speed Ultra". Jika diterjemahkan, ini berarti bahwa mobil Xiaomi SU7 bisa melaju di kecepatan yang sangat tinggi.

Selain namanya, Lei Jun juga mengumbar sedikit desain mobil Xiaomi SU7. Sekilas, mobil listrik pertama Xiaomi ini mirip mobil sedan mewah, dan memiliki desain bagian depan yang nyaris serupa dengan kompetitornya, seperti Porsche Taycan Turbo hingga Tesla Model S.

Bisa dibilang begitu karena bagian pintu depan Xiaomi SU7 tampak memiliki lekukan yang cukup elegan. Mobil listrik ini juga memiliki pelek yang cukup besar, serta lampu dengan bentuk membulat, sama seperti dua mobil listrik di atas.

Terlepas dari desain, Lei Jun sendiri mengatakan bahwa performa yang ditawarkan Xiaomi SU7 akan setara dan bisa berkompetisi dengan kedua mobil listrik dari pabrikan mobil kenamaan Porsche dan Tesla tersebut.

"Xiaomi SU7 akan menawarkan beragam teknologi terkini, serta dilengkapi dengan fitur dan ekosistem yang bisa meningkatkan pengalaman berkendara," ungkap Lei Jun dalam posting X yang terpisah.

"Kami merancang produk ini supaya memiliki performa tinggi di kelasnya, setara dengan Porsche Taycan Turbo. Kami juga terinspirasi dari beragam teknologi pintar yang hadir di beberapa mobil listrik canggih, seperti di Tesla Model S," tambah Lei Jun.

Lei jun tak mengumbar bagaimana desain dan spesifikasi rinci mobil tersebut. Namun apabila mengacu rumor yang sudah ada, Xiaomi SU7 merupakan mobil empat hingga lima penumpang (4-5 seater) yang bagian depannya lebih panjang dibanding bagian belakangnya.

Baca juga: Mobil Listrik Xiaomi Tertangkap Kamera Saat Uji Coba di Jalan

Mobil listrik Xiaomi SU7Dok. Carnewschina.com Mobil listrik Xiaomi SU7

Bagian lampunya memiliki desain memanjang dan agak membulat, sama seperti desain mobil listrik Porsche Taycan Turbo dan Tesla Model S.

Pada sektor performa, Xiaomi SU7 kabarnya memiliki bobot 1.980 kg dengan kecepatan maksimal 210 km/jam dan jarak tempuh maksimal mencapai sekitar 800 km.

Jarak tempuh tersebut bisa ditawarkan dari dua varian mobil, yaitu dengan baterai 73,6 kWh atau 101 kWh, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArenaEV, Kamis (28/12/2023).

Belum bisa dipastikan berapa harga Xiaomi SU7. Lei Jun hanya mengatakan bahwa harga mobil lsitrik perdana mereka nantinya akan sangat kompetitif.

Informasi selengkapnya mengenai Xiaomi SU7, begitu juga beragam teknologi pendukungnya, akan disampaikan Xiaomi EV (unit bisnis Xiaomi di bidang mobil listrik) dalam acara "Stride" yang digelar siang nanti. Kita tunggu saja.

Baca juga: Xiaomi Redmi 13C: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com