Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Masuk Industri EV, Luncurkan Mobil Listrik

Kompas.com - 29/11/2023, 12:45 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Tidak hanya gadget, kini Huawei memperlebar sayap bisnisnya ke industri electric vehicle (EV) lewat peluncuran produk mobil listrik bernama Luxeed S7.

Mobil berjenis sedan tersebut merupakan hasil kerja sama antara Huawei dengan pabrikan otomotif Chery. Aspek manufaktur dan pengembangan ditangani oleh Chery, sementara Huawei memberikan komponen-komponen kunci terkait teknologi yang digunakan.

Luxeed S7 menggunakan arsitektur E0X dari Chery yang juga dipakai di beberapa model EV lain seperti Exeed Exlantix ES dan Exlantix ET. Platform ini mendukung charging 800V dan sistem kemudi self-driving.

Baca juga: Setelah Sepeda Motor, Polytron Akan Bikin Mobil Listrik

Rancangan eksterior Luxeed S7 menerapkan elemen-elemen desain mirip SUV Aito M9, termasuk lampu depan yang tipis dan LED strip. Tampilannya terkesan mulus dengan handle pintu retractable dan atap yang landai untuk mengurangi drag.

Ilustrasi Luxeed S7Arena EV Ilustrasi Luxeed S7

Dari segi ukuran fisiknya, Luxeed S termasuk kategori sedan mewah dengan panjang 4.971 mm, lebar 1.963 mm, tinggi 1.474 mm, dan wheelbase 2.950. Dimensinya kira-kira berada di antara Mercedes EQE dan BMW i5.

Model entry-level dari Luxeed S7 dibekali motor listrik tunggal yang menghasilkan tenaga 292 hp. Sedangkan, model AWD memiliki dua motor yang menghasilkan total 496 hp sehingga sanggup berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam 3,3 detik.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad Pro 11 2024 Resmi, Punya Fitur Koneksi Satelit

Spesifikasi baterainya masih belum diungkapkan. Namun, diketahui bahwa ada dua jenis yang akan digunakan berdasarkan model, yakni LFP (lithium iron phospate) dan M3P dari CATL.

Interior mobil sedan listrik Huawei, Luxeed S7Car News China Interior mobil sedan listrik Huawei, Luxeed S7

Interior Luxeed S7 terlihat sarat teknologi. Di tengah dashboard tedapat layar LCD 12,3 inci yang menjalankan sistem operasi HarmonyOS 4. Tepat di bawah layar terrdapat dua alas wireless charging 50 watt untuk mengisi daya ponsel secara nirkabel.

"Queen Seat" kursi penumpang depan bisa diatur orientasinya secara elektronik ke 18 arah berbeda, serta dibekali sistem pemanas, ventilasi, hingga pijatan 10-titik. Glove box dalam dashboard di depannya sekaligus merangkap sebagai boks penyimpanan makeup.

Baca juga: Penampakan Jelas 2 Mobil Listrik Xiaomi, Mirip Tesla dan Pakai HyperOS?

Yang paling menarik mungkin adalah atap panoramic seluas 2,6 meter persegi yang disebut mampu menyaring sinar ultra violet hingga 99,9 persen.

Soal harga, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Rabu (29/11/2023), Luxeed S7 dijual mulai 249.800 yuan atau sekitar Rp 538 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com