Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP, Penting buat Cegah Kerusakan

Kompas.com - 03/01/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa tindakan pertama yang perlu diketahui pengguna untuk mencegah kerusakan pada HP (handphone) akibat kemasukkan air. Salah satunya adalah cara mengeluarkan air dari speaker HP.

Dalam kondisi tertentu, HP bisa saja terpapar air dalam volume yang besar. Misalnya, HP kehujanan dalam waktu yang cukup lama. Kemudian, HP terjatuh dan terendam dalam bak air di kamar mandi.

Baca juga: 8 Cara Cas HP yang Benar Supaya Baterai Awet

Saat kehujanan atau terendam, air bisa masuk di sela-sela lubang speaker HP. Air yang terperangkap di speaker HP jika dibiarkan bisa berpotensi merusak komponennya. Speaker HP yang kemasukkan air mungkin tidak dapat lagi mengeluarkan suara dengan jernih.

Supaya tak terjadi kerusakan yang berlebih, pengguna akhirnya perlu mengetahui cara mengatasi speaker HP kemasukan air. Lantas, bagaimana cara mengeluarkan air yang ada di speaker HP?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi speaker HP kemasukan air.

Cara mengeluarkan air dari speaker HP

Terdapat beberapa cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang bisa dilakukan pengguna. Salah satunya pengguna bisa memosisikan HP dengan benar. Kemudian, bisa juga dengan menggunakan aplikasi untuk mengeluarkan air dari HP.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap soal beberapa cara mengeluarkan air dari speaker HP adalah sebagai berikut.

1. Posisikan HP dengan benar

Saat kemasukan air, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah posisikan HP dengan benar. Matikan HP dan jangan menyambungkannya dengan perangkat pengisi daya untuk menghindari kerusakan pada komponen lain.

Selanjutnya, letakkan HP dengan posisi speaker menghadap bawah dan dapat digoyangkan secara pelan-pelan. Tujuannya agar air di dalam speaker dapat perlahan menetes keluar.

2. Keringkan dengan kain lembut

Sembari memosisikan HP dengan benar, pengguna bisa mengeringkan permukaan yang terpapar air. Untuk mengeringkannya, pengguna dapat mengusap-usap HP menggunakan kain berbahan lembut seperti kain pembersih kacamata atau kain microfiber.

Baca juga: Tips Memilih Charger yang Bagus untuk iPhone Baru, Penting biar Baterai Awet

3. Gunakan aplikasi untuk mengeluarkan air dari HP

Ketiga, pengguna bisa menggunakan aplikasi untuk mengeluarkan dari HP. Adapun aplikasi untuk mengeluarkan air dari HP adalah aplikasi yang bisa memutar atau menghasilkan suara bernada tinggi dan getaran.

Aplikasi pemutar suara bernada tinggi untuk mengeluarkan air dari speaker HP itu saat ini sudah banyak tersedia di toko aplikasi resmi. Pengguna bisa mencarinya di toko aplikasi resmi dengan kata kunci seperti ini “Water Eject” atau “Speaker Cleaner”.

Penggunakan aplikasi untuk mengeluarkan air dari HP ini cukup mudah. Pengguna tinggal memutar suara bernada tinggi yang tersedia di aplikasi dan meletakkan HP dengan posisi speaker menghadap bawah.

Suara yang diputar aplikasi tersebut dapat mendorong air keluar dari speaker HP secara perlahan. Setelah memutar suara bernada tinggi beberapa kali, pengguna bisa mencoba fungsi dari speaker HP.

4. Simpan bersama gel silika

Cara mengeluarkan air dari speaker HP yang keempat adalah dengan menyimpannya bersama gel silika. Untuk diketahui, gel silika merupakan bahan yang dapat menyerap kelembaban. Gel silika biasanya dipakai juga sebagai pengawet barang dalam kemasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com