Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Rilis Langganan AI Copilot Pro, Harga seperti ChatGPT Plus

Kompas.com - 16/01/2024, 13:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PC World

KOMPAS.com - Microsoft resmi meluncurkan layanan premium chatbot buatannya, Copilot. Layanan berlangganan tersebut bernama Copilot Pro dan dibanderol dengan harga 20 dollar AS (sekitar Rp 311.000).

Banderol harga berlangganan Copilot Pro ini sama dengan harga layanan berbayar chatbot dari OpenAI, yaitu ChatGPT Plus yang dipatok di angka 20 dollar AS.

Layanan Copilot dan ChatGPT sendiri sebenarnya bisa dinikmati secara gratis. Namun apabila ingin mendapatkan fitur lebih, maka pengguna bisa memakai Copilot Pro atau ChatGPT Plus.

Untuk Copilot Pro, pelanggan berbayar bisa menikmati layanan chatbot lebih gesit dan pintar yang dibekali dengan teknologi terbaru GPT-4 Turbo. Pengguna gratisan hanya bisa memakai mesin GPT-3.5 atau GPT-4 saja.

Baca juga: Pendaftaran ChatGPT Plus Dibuka Lagi, Indonesia Kebagian

Kemudian, pelanggan Pro juga akan mendapatkan fitur peningkatan kecepatan AI untuk membuat gambar dari teks yang dimasukkan pengguna. Microsoft menyebut bahwa fitur peningkatan kecepatan ini bisa digunakan pengguna sebanyak 100 kali per hari.

Lalu, pelanggan berbayar Copilot Pro juga bisa membuat chatbot Copilot mereka sendiri. Fitur ini diberi nama Copilot GPT, dan dengan fitur tersebut, pengguna bisa membuat sebuah chatbot yang fokus pada satu topik saja. 

Adapun Copilot GPT bisa dibuat menggunakan Copilot GPT Builder, dan untuk membuat Copilot GPT, pengguna hanya perlu memasukkan sejumlah kata kunci yang relevan saja.

Perbedaan fitur Copilot, Copilot Pro, dan Copilot for Microsoft 365.PCWorld Perbedaan fitur Copilot, Copilot Pro, dan Copilot for Microsoft 365.

Selain fitur-fitur di atas, pelanggan berbayar Copilot Pro juga akan mendapatkan akses ke fitur Copilot di aplikasi-aplikasi produktivitas Microsoft 365, macam Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan OneNote di PC, Mac, dan iPad.

Meski demikian, akses Copilot di aplikasi-aplikasi tersebut hanya bisa dinikmati apabila pengguna juga berlangganan Microsoft 365, entah itu paket berlangganan Personal atau Family, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PCWorld, Selasa (16/1/2024).

Baca juga: Microsoft Copilot Versi Android Resmi Meluncur, Mirip Aplikasi ChatGPT

Di samping Copilot Pro, sebelum layanan ini muncul, Microsoft sebenarnya sudah memiliki paket langganan berbayar Copilot yang dinamai Copilot for Microsoft 365.

Namun, paket ini yang dibanderol 30 dollar AS (sekitar Rp 467.000) ini bukan untuk perorangan, melainkan untuk perusahaan.

Karena lebih mahal, Copilot for Microsoft 365 tentunya memiliki lebih banyak fitur dari Copilot Pro.

Selain memiliki fitur-fitur Copilot Pro, pelanggan Copilot For Microsoft 365 juga bisa menikmati fitur Copilot di aplikasi Teams, layanan Microsoft Graph Grounding, perlindungan data dari Microsoft, hingga fitur pembuat chatbot yang lebih mumpuni Copilot Studio.

Perbedaan fitur yang didapat pengguna Copilot, Copilot Pro, dan Copilot for Microsoft 365 bisa dilihat di gambar di atas, dan informasi selengkapnya mengenai Copilot Pro bisa dibaca di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com