Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 HP Xiaomi yang Kebagian HyperOS Global Duluan, Ada Xiaomi 13T

Kompas.com - 13/12/2023, 19:10 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Xiaomiui

KOMPAS.com - Xiaomi bersiap merilis antarmuka (user interface/UI) HyperOS untuk ponsel buatannya yang dijual di pasar global. Meski peluncurannya belum resmi, bocoran daftar handphone (HP) Xiaomi yang kebagian HyperOS global terungkap.

Menurut temuan situs Xiaomiui dari server internal Xiaomi, ada sebanyak 11 smartphone yang akan kebagian HyperOS global. Kesebelas ponsel itu meliputi merek Xiaomi serta sub-merek Xiaomi, yakni Redmi dan Poco.

Server itu sebenarnya tidak menampilkan nama model ponsel yang kebagian HyperOS global secara gamblang, melainkan menggunakan kode yang mengarah pada ponsel terkait.

Salah satu ponsel pertama yang kebagian UI baru Xiaomi itu yakni Xiaomi 13T. Di server Xiaomi, ponsel ini tercantum dengan kode aristotle. Xiaomi 13T juga dijual di Indonesia pada awal Oktober lalu.

Selain Xiaomi 13T, sejumlah ponsel premium Xiaomi dan sub-mereknya juga masuk dalam daftar. Berikut rinciannya:

Baca juga: Xiaomi Redmi 13R 5G Meluncur dengan Chipset Dimensity 6100 Plus

Daftar HP Xiaomi yang kebagian HyperOS global

  1. Xiaomi 13T
  2. Xiaomi 13T Pro
  3. Xiaomi 12T
  4. Xiaomi 11T
  5. Xiaomi 13
  6. Xiaomi 13 Pro
  7. Xiaomi 13 Ultra
  8. Poco F5
  9. Poco F5 Pro
  10. Redmi Note 12 4G/4G NFC
  11. Redmi Note 12S

HyperOS untuk ponsel Xiaomi secara global dijadwalkan meluncur pada kuartal-I 2024, atau sekitar Januari hingga April mendatang. 

Meski demikian, HyperOS global diperkirakan bakal segera dirilis ke sejumlah HP Xiaomi dalam waktu dekat. Pasalnya, UI itu sudah melalui pengujian internal.

Keberadaan HyperOS di server Xiaomi juga menunjukkan bahwa UI berbasis Android 14 itu siap diluncurkan ke pengguna, dihimpun KompasTekno dari Xiaomiui, Rabu (13/12/2023).

Kendati begitu, pihak Xiaomi belum mengumumkan jadwal peluncuran HyperOS global. Sebelumnya, HyperOS memulai debut di Xiaomi 14 pada 26 Oktober di China.

Pengganti MiUI

Kehadiran HyperOS sekaligus menjadi penanda dipensiunkannya antarmuka MiUI yang selama kurang lebih 13 tahun terakhir menemani aneka produk Xiaomi dan jajaran sub-brand-nya (poco dan Redmi).

Antarmuka MiUI terhitung sudah ada sejak Agustus 2010 dan masih dikembangkan setidaknya sampai generasi ke-14 atau disebut MIUI 14 yang rilis pada Desember 2022.

Ke depannya, HyperOS bakal menjadi sistem antarmuka di gadget bikinan Xiaomi, menggantikan MiUI. Ponsel pertama yang dilengkapi antarmuka HyperOS secara bawaan (pre-installed) adalah Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro.

Teknologi Inti Linux dan Xiaomi Vela

Xiaomi mengungkapkan, inti dari Xiaomi HyperOS dibentuk oleh Linux dan sistem Xiaomi Vela yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi.

Lapisan dasar Xiaomi HyperOS mendukung lebih dari 200 platform prosesor dan lebih dari 20 sistem file standar, mencakup ratusan jenis perangkat dan ribuan SKU.

Menurut Xiaomi, hal ini memungkinkan HyperOS bekerja secara efisien dengan berbagai perangkat, berapa pun ukuran RAM-nya. Pasalnya, kisaran ukuran RAM perangkat yang kompatibel dengan HyperOS, kata Xiaomi, mulai paling kecil 64KB hingga paling besar 24GB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com