Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Kuasai Pasar Smartphone di China

Kompas.com - 29/01/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber IDC

KOMPAS.com - Apple menjadi penguasa pasar smartphone di China pada kuartal IV-2023 (September-Desember), berdasarkan laporan firma riset pasar International Data Corporation (IDC).

Dalam laporan IDC, pangsa pasar Apple pada kuartal terakhir 2023 itu sebesar 17,3 persen. Angka ini naik dibanding pangsa pasar Apple pada kuartal IV-2022, yaitu sebesar 16,8 persen.

Pencapaian Apple kali ini terbilang signifikan. Pasalnya, pertumbuhan tersebut diraih Apple ketika Huawei come back dan sentimen belanja di China yang lemah.

Salah satu faktor yang membuat Apple menjadi penguasa pasar smartphone China yaitu promosi harga yang dinilai tepat waktu, utamanya di saluran penjualan pihak ketiga. Cara ini dinilai para analis sukses memicu permintaan dari konsumen.

"Apple mencapai hal ini berkat promosi harga yang tepat waktu di saluran pihak ketiga," kata Arthur Guo, analis riset senior IDC China.

Baca juga: Apple Kuasai Pasar Ponsel China berkat iPhone 13

Selain Apple, empat merek lainnya yang masuk dalam 5 besar vendor smartphone China adalah produk dalam negeri, yaitu Honor, Oppo, Vivo dan Xiaomi.

Honor membuntuti Apple di peringkat kedua dengan pangsa pasar 17,1 persen pada kuartal IV-2023. Pertumbuhannya turun 10,3 persen dibanding kuartal IV-2022.

Oppo dan Vivo menempati peringkat 3 dan 4 secara berurutan, dengan pangsa pasar di atas 16 persen. Sementara Xiaomi menguasai pangsa pasar 13,2 persen. Berikut daftar lengkapnya.

5 besar vendor smartphone China kuartal IV-2023

  1. Apple - 17,3 persen
  2. Honor - 17,1 persen
  3. Oppo - 16,7 persen
  4. Vivo - 16,5 persen
  5. Xiaomi - 13,2 persen

Adapun total pengiriman smartphone China pada kuartal itu mencapai 73,6 juta unit. Angka ini naik 1,2 persen dibanding kuartal IV-2022.

Baca juga: Samsung dan iPhone Kuasai 99 Persen Pasar Smartphone di Korea Selatan

Pertumbuhan pada kuartal IV-2023 juga menandai pulihnya pasar smartphone China setelah 10 kuartal terakhir turun berturut-turut.

Faktor pendorongnya menurut IDC adalah daya beli konsumen high-end di sejumlah kota besar China. Hal ini juga mendorong permintaan produk flagship, dihimpun KompasTekno dari situs resmi IDC, Senin (29/1/2024).

Di sisi lain permintaan produk kategori entry-mid di China masih lemah. Padahal, produk ini berkontribusi terhadap separuh lebih pasar smartphone China. Alhasil, pertumbuhan pasar China secara umum juga masih cenderung lemah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com