Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Keluar dari Recovery Mode di HP Android, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 25/02/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa pengoperasian dasar pada HP Android yang perlu diketahui pengguna. Salah satu pengoperasian dasar itu adalah cara keluar dari Recovery Mode di HP Android. Beberapa pengguna pernah masuk dalam Recovery Mode di HP Android.

Jika sudah sering masuk ke Recovery Mode di HP Android, pengguna mungkin tak akan kaget atau bingung dengan tampilannya. Akan tetapi, jika pengguna belum pernah mengakses mode itu mungkin bakal kebingungan.

Baca juga: 2 Link Download Game GTA San Andreas untuk HP Android yang Legal, Bisa Gratis

Dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja masuk ke Recovery Mode di HP Android tanpa disengaja. Alhasil, pengguna yang belum pernah mengaksesnya bisa kebingungan dan ingin keluar dari mode tersebut.

Untuk itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara keluar dari Recovery Mode di HP Android. Lantas, bagaimana cara keluar dari Recovery Mode di HP Android? Jika tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah cara keluar dari Recovery Mode di HP Android.

Cara keluar dari Recovery Mode HP Android

Cara keluar dari Recovery Mode umumnya berjalan sama di tiap model HP Android. Setidaknya, terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari Recovery Mode dan kembali ke antarmuka HP Android yang normal.

Pertama, pada halaman Recovery Mode, pengguna bisa memilih opsi “Reboot” menggunakan tombol power. Setelah opsi itu dipilih, HP Android bakal dinyalakan ulang dan kembali ke antarmuka yang normal.

Kedua, pengguna juga bisa memilih opsi “Power off”. Setelah itu, HP Android bakal dimatikan. Kemudian, pengguna dapat menyalakan HP Android lagi dengan menekan tombol power dan antarmuka akan beralih ke mode normal kembali.

Itulah penjelasan mengenai cara keluar dari Recovery Mode HP Android. Perlu diketahui, Recovery Mode pada HP Android sejatinya cukup berguna bagi pengguna. Recovery Mode bisa menjadi solusi atas beberapa permasalahan pada HP Android.

Untuk menambah wawasan, pengguna kiranya perlu mengetahui juga tentang apa itu Recovery Mode dan cara masuknya di HP Android. Lantas, sebenarnya apa itu Recovery Mode di HP Android?

Apa itu Recovery Mode di HP Android?

Recovery Mode memiliki peran yang penting pada HP Android, terutama ketika HP Android mengalami gangguan. Perlu diketahui, Recovery Mode adalah program dasar yang memungkinkan pengguna mengatasi berbagai gangguan pada HP Android.

Recovery Mode dapat diakses di HP Android dengan menekan kombinasi tombol tertentu, yang bisa berbeda-beda di tiap model HP Android. Kombinasi tombol itu akan membawa HP Android pada tindakan menyalakan ulang atau reboot.

Setelah reboot, HP Android akan memuat antarmuka teks yang sangat sederhana, bukan antarmuka Android normal yang biasa Anda gunakan.

Antarmuka pada Recovery Mode biasanya akan menyertakan beberapa informasi tentang perangkat dan versi Android yang dipakai, beserta dengan sejumlah opsi pemecahan masalah dan perbaikan.

Recovery Mode juga memungkinkan pengguna untuk mengatur ulang perangkat Android ke setelan pabrik (factory reset). Pengoperasian di antarmuka Recovery Mode umumnya dilakukan dengan menekan tombol fisik, bukan dinavigasi lewat layar sentuh.

Baca juga: 13 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP Android dengan Mudah dan Praktis

Biasanya, pada tampilan Recovery Mode, tombol volume naik-turun dipakai untuk menggulir opsi dari atas ke bawah. Kemudian, tombol power atau tombol samping dipakai untuk memilih opsi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com