Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skor Benchmark HP Baru HMD Bocor, tapi Bukan Nokia

Kompas.com - 14/02/2024, 09:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Induk Nokia, Human Mobile Devices (HMD) sedang menyiapkan smartphone baru dengan merek sendiri, bukan lagi Nokia. Perusahaan asal Finlandia ini sudah mengumumkan rencananya untuk membuat aneka gadget bermerek "HMD".

Menyusul konfirmasi itu, sekarang muncul bocoran terkait smartphone baru merek HMD. Meski belum dirilis resmi dan penamaannya belum dapat dipastikan, ponsel itu sudah muncul di platform pengukur performa smartphone, Geekbench.

Ada dua ponsel HMD yang berbeda yang muncul di Geekbench. Pertama, memiliki kode nama "HMD Global Legend" dan kedua adalah "HMD Global LegendPro". Kedua smartphone ini tampaknya masuk dalam seri yang sama, karena punya nama yang cukup identik.

Baca juga: Bocoran HP Baru HMD Tanpa Merek Nokia Muncul di Situs Resmi

Setelah menjalani pengujian, ponsel dengan kode Legend mendapatkan skor multi-core 1.370 poin dan skor single-core 379 skor. Adapun LegendPro meraih skor multi-core 1.384 poin dan single-core 373 poin.

Skor Geekbench HP baru HMD, bukan NokiaKompas.com/Lely Maulida Skor Geekbench HP baru HMD, bukan Nokia

Geekbench tak begitu merinci spesifikasi kedua ponsel ini, begitu pula soal model chipset yang menenagai masing-masing perangkat.

Platform pengujian itu hanya mencantumkan informasi bahwa kedua smartphone ini ditenagai chip 8-inti (octa-core) dengan CPU berkecepatan 1,61 GHz dan pengolah grafis Mali-G57.

Menilik konfigurasinya, ada kemungkinan chip yang dipakai adalah Unisoc Tiger T606.

Di smartphone HMD dengan kode Legend, chip itu dipadukan dengan RAM 4 GB. Sementara, posel dengan kode LegendPro dibekali RAM lebih besar, yakni 8 GB.

Menilik jumlah RAM-nya, ada kemungkinan bahwa LegendPro merupakan model tertinggi dibanding Legend. Spesifikasi lainnya yang tercantum di Geekbench yaitu bahwa kedua smartphone HMD ini akan berjalan dengan sistem operasi Android 14.

Baca juga: HMD Bikin Merek Smartphone Sendiri, Nasib Nokia?

Belum diketahui spesifikasi apa lagi yang akan melengkapi kedua ponsel HMD ini. Boleh jadi smartphone ini dikategorikan sebagai ponsel entry-level, bila dirunut berdasarkan bocoran spesifikasi di atas.

Kepastiannya akan terungkap ketika HMD memperkenalkan smartphone ini secara resmi. Sayangnya belum diketahui kapan HMD akan memperkenalkan ponsel itu atau smartphone barunya dengan merek "HMD" ke publik.

Rumor yang menyebar di internet menyebutkan bahwa produk baru HMD kemungkinan dipamerkan di ajang pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) Barcelona.

Gelaran pameran perangkat teknologi itu dijadwalkan berlangsung pada 26-29 Februari 2024. Kita tunggu saja.

Siapkan 9 smartphone baru

Setelah mengumumkan rencananya untuk membuat smartphone dengan merek sendiri, sembilan ponsel HMD muncul di database IMEI. Kesembilan ponsel itu memiliki nomor model yang berbeda. Berikut rinciannya.

  • TA-1584
  • TA-1594
  • TA-1595
  • TA-1588
  • TA-1589
  • TA-1592
  • TA-1602
  • TA-1605
  • TA-1631

Namun database IMEI tidak menampilkan informasi lain soal perangkat-perangkat itu, selain nomor modelnya saja. Alhasil, spesifikasi masing-masing perangkat juga belum diketahui pasati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com