Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran HP Baru HMD Tanpa Merek Nokia Muncul di Situs Resmi

Kompas.com - 06/02/2024, 16:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Human Mobile Devices (HMD) mulai melepas nama "Nokia" dari bisnis smartphone mereka. Perusahaan mengumumkan rencana untuk membuat smartphone merek sendiri, selain Nokia.

HMD kini membagikan sejumlah bocoran smartphone barunya dengan merek "HMD". Gambar-gambar itu dibagikan lewat situs web resmi perusahaan.

Secara umum, gambar itu merupakan gambar ilustrasi. Namun, jelas menampakkan perangkat model baru yang belum pernah dirilis sebelumnya oleh HMD.

Sejumlah smartphone yang ditampilkan dalam gambar ilustrasi itu terlihat warna-warni, mulai dari kelir biru muda, hijau daun, pink fuchsia serta hijau muda. Beberapa warnanya tampak jarang dipakai oleh vendor ponsel lain.

Baca juga: HMD Bikin Merek Smartphone Sendiri, Nasib Nokia?

Ilustrasi ponsel baru HMDHMD Ilustrasi ponsel baru HMD
Belum jelas apakah warna tersebut benar-benar akan dipakai HMD untuk ponselnya, atau sekadar untuk ilustrasi saja.

Pada aspek desain, beberapa gambar yang dibagikan HMD memiliki dua desain ponsel yang berbeda.

Desain pertama pada ponsel yang dibalut kelir biru dan hijau muda, terlihat memiliki bingkai datar. Keduanya memiliki modul kamera persegi, tetapi jumlah kameranya kemungkinan berbeda.

Modul kamera ponsel berkelir biru tampaknya menampung dua kamera, sedangkan ponsel hijau muda membawa tiga kamera belakang.

Ilustrasi ponsel baru HMDHMD Ilustrasi ponsel baru HMD
Sementara itu desain kedua, diwakili oleh ponsel berkelir pink dan hijau tua, terlihat memiliki bingkai melengkung. Ponsel dengan desain ini juga dilengkapi modul kamera persegi.

Fitur lainnya yang bakal melengkapi smartphone HMD ini yaitu USB-C dan colokan audio 3,5 mm, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (6/2/2024).

Ilustrasi ponsel baru HMDHMD Ilustrasi ponsel baru HMD
Kendati demikian, sisi layar smartphone HMD itu tidak terlihat. Jadi, tampak depan perangkat belum begitu jelas.

HMD juga belum mengumumkan kapan aneka produk barunya dirilis resmi ke publik. Rumor yang menyebar di internet menyebutkan bahwa produk itu kemungkinan dipamerkan di ajang pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) Barcelona.

Gelaran pameran perangkat teknologi itu dijadwalkan berlangsung pada 26-29 Januari 2024.

Masih jual ponsel Nokia

Meski mencanangkan produk baru, HMD akan menjual produk bermerek Nokia hingga saat ini. Jadi, produk baru dengan merek sendiri merupakan pelengkap katalog perusahaan.

Video yang diunggah di situs web HMD juga menunjukkan keterangan "The best of old and new" (Yang terbaik dari yang lawas dan baru), menyiratkan bahwa merek Nokia sebagai pemain lawas di pasar ponsel akan beriringan dengan produk baru HMD.

Baca juga: Nokia PHK 14.000 Karyawan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com