Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Al Quran untuk Mengaji Selama Bulan Ramadhan 2024

Kompas.com - 11/03/2024, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan 2024 telah dimulai. Masyarakat biasanya disibukkan dengan berbagai aktivitas ibadah. Salah satunya dengan melaksanakan tadarus dan mengkhatamkan Al Quran.

Selain menggunakan Al Quran fisik, masyarakat kini juga lebih mudah mengakses Al Quran secara digital melalui aplikasi. Aplikasi-aplikasi Al Quran ini membantu pengguna bisa melakukan tadarus di mana dan kapan saja.

Aplikasi-aplikasi Al Quran ini bisa diunduh secara mudah dan gratis di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). Lantas apa saja aplikasi-aplikasi Al Quran yang bisa diinstal untuk mengaji selama bulan Ramadhan? Selengkapnya berikut ini beberapa aplikasinya.

Baca juga: 5 Aplikasi Al Quran buat Mengaji Selama Puasa Ramadhan 2023

Al Quran Indonesia

Al Quran IndonesiaGoogle Play Store Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran ini menawarkan terjemahan dalam tiga bahasa: Indonesia, Melayu, dan Inggris, dengan antarmuka yang ramah pengguna dan dapat dioperasikan secara offline.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan jadwal waktu salat dan fitur arah kiblat untuk mendukung ibadah. Fitur-fiturnya meliputi desain menarik yang memungkinkan pengguna untuk menggeser layar untuk mengganti surah atau juz, indeks Surah dan Juz, penulisan dalam gaya IndoPak dan Utsmani, transliterasi dalam penulisan Latin, tafsir dalam tiga bahasa, tajweed berwarna, dan beberapa fitur tambahan lainnya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Dalfindo Cipta Karya ini memiliki rating 4.8 hingga 4.9 di Google Play Store dan App Store.

Muslim Pro: Ramadhan 2024

Muslim ProGoogle Play Store Muslim Pro

Aplikasi Al Quran digital lain yang bisa digunakan pengguna adalah Muslim Pro: Ramadhan 2024. aplikasi Islami populer yang menawarkan berbagai fitur, termasuk Al-Quran, waktu sholat, arah kiblat, adhkar (permohonan), kalender Hijriah, dan banyak lagi.

Muslim Pro dikembangkan oleh Bitsmedia Pte LTd dan telah diunduh pengguna hingga 100 juta kali serta memiliki rating 4.9 di App Store dan 4.2 di Google Play Store.

Al Quran (Tafsir & Per Kata)

Al Quran Tafsir dan Per KataKompas.com/soffyaranti Al Quran Tafsir dan Per Kata

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur berguna, seperti rekaman audio untuk setiap ayat yang bisa diputar berulang kali, tafsir Ibnu Katsir, aturan Tajwid yang diberi warna, terjemahan, dan penjelasan kata per kata, indeks Al Quran, catatan dan penanda buku, dan fitur-fitur tambahan lainnya.

Aplikasi ini memiliki rating 4.9 dan bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store.

NU Online

Ilustrasi NU Online Super App.NU Online Ilustrasi NU Online Super App.

NU Online merupakan aplikasi yang telah dikembangkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang mendukung masyarakat untuk mengakses berbagai aktivitas islami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com