Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Jadwal Shalat dengan Suara Azan untuk Menunjang Ibadah Ramadhan 2024

Kompas.com - 13/03/2024, 12:33 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Umat Islam menjalani ibadah puasa satu bulan penuh selama Ramadhan 2024 (kata baku: Ramadan). Untuk mengoptimalkan ibadah puasa, umat Islam juga tetap harus melangsungkan ibadah shalat (kata baku: salat).

Ibadah puasa dan shalat perlu dilakukan secara berbarengan dan tepat waktu. Untuk menunjang ketepatan waktu beribadah, pengguna bisa memakai aplikasi jadwal shalat dengan suara azan.

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis Bus Kemenhub 2024 via Aplikasi Mitra Darat, Buka Mulai Pukul 12.00

Lantas, apa saja aplikasi jadwal shalat dengan suara azan yang bisa dipakai untuk menunjang ibadah Ramadhan 2024? Jika tertarik untuk memakainya, berikut adalah daftar aplikasi jadwal shalat dengan suara azan.

Daftar aplikasi jadwal shalat dengan suara azan

Ada beberapa aplikasi jadwal shalat dengan suara azan yang bisa dipakai pengguna untuk menunjang ibadah selama Ramadhan 2024. Aplikasi-aplikasi ini bisa menyajikan jadwal ibadah terkini seusai lokasi pengguna berada.

Kemudian, aplikasi-aplikasi ini juga dapat memberikan peringatan ke HP pengguna berupa suara azan ketika memasuki waktu beribadah. Adapun beberapa aplikasi jadwal shalat dengan suara azan untuk menunjang ibadah Ramadhan 2024 adalah sebagai berikut.

1. Muslim Pro

Ilustrasi aplikasi Muslim ProApp Store Ilustrasi aplikasi Muslim Pro

Aplikasi jadwal shalat dengan suara azan yang pertama adalah Muslim Pro. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang ketaatan dalam menjalankan ibadah, salah satunya adalah jadwal shalat serta notifikasi suara azan.

Jadwal shalat yang ditampilkan aplikasi ini sesuai dengan lokasi tempat pengguna berada. Saat memasuki waktu shalat, aplikasi bakal mengirimkan notifikasi ke ponsel pengguna dengan lantunan suara azan.

Kemudian, pengguna juga bisa memilih suara azan tersebut dari beberapa pengumandang yang tersedia di koleksi aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi Muslim Pro juga memiliki fitur membaca dan mendengarkan lantunan ayat Al Quran.

Tak ketinggalan pula, aplikasi ini juga memiliki fitur tasbih digital yang bisa menghitung jumlah zikir pengguna. Kemudian, Muslim Pro juga memiliki fitur yang menampilkan rumah makan halal dan masjid terdekat.

Pengguna bisa mengunduh atau download aplikasi jadwal shalat dengan suara azan ini secara gratis di toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk ponsel iPhone).

Baca juga: Link dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub Motis 2024 dengan Kereta, Buka mulai Pukul 10.00

2. Muslim Go

Ilustrasi aplikasi Muslim Go.Google Play Store Ilustrasi aplikasi Muslim Go.

Salah satu aplikasi jadwal shalat dengan suara azan yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan ibadah Ramadhan 2024 adalah Muslim Go. Fitur di aplikasi ini cukup lengkap. Dengan aplikasi ini, pengguna akan diberi tahu jika waktu shalat tiba.

Notifikasi dan suara azan akan muncul sesuai lokasi pengguna berada. Selain itu, aplikasi juga bisa mencari arah kiblat. Muslim Go juga memiliki kumpulan doa, niat shalat sunnah, serta artikel fiqih dan aqidah.

Aplikasi ini diklaim memiliki fitur Al Quran dengan mushaf yang terverifikasi dan bersumber dari Tanzil.net. Tanzil.net sendiri adalah sebuah proyek untuk menyediakan ayat Al Quran yang telah terverifikasi secara internasional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com