Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Kamera 200 MP dan 108 MP di HP Redmi Note 13 Series

Kompas.com - 07/03/2024, 18:06 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lini smartphone Xiaomi Redmi Note 13 series meluncur Februari 2024 lalu di Indonesia. Semua mode di lini Redmi Note 13 series, mengunggulkan sektor kamera, di mana masing-masing model memiliki sensor beresolusi tinggi.

Secara spesifik, Redmi Note 13 4G dan 5G memiliki kamera utama 108 MP (f/1.7), sedangkan Redmi Note 13 Pro 4G, Pro 5G, Pro Plus 4G, serta Pro Plus 5G dibekali kamera belakang lebih mumpuni dengan resolusi 200 MP (f/1.65).

Spesifikasi kamera ini meningkat dibanding Redmi Note 12 series, yang mana model reguler dan Pro memiliki kamera utama 50 MP (f/1.8), kemudian model Pro Plus hadir dengan kamera belakang 200 MP (f/1.65).

Bukan cuma sekadar resolusi tinggi, Redmi Note 13 Pro series juga diklaim bisa menangkap setiap detail gambar dengan akurasi yang lebih baik, walaupun dalam keadaan zooming.

Di Redmi Note 13 Pro dan Pro Plus Series yang dibekali kamera 200 MP, memiliki teknologi zoom yang disebut bisa memberikan efek telefoto yang setara dengan zoom optik tradisional, dan bisa mengambil gambar 2x/4x zoom tanpa penurunan kualitas.

Hasil foto ini nantinya bisa dikoreksi warnanya (color correction), dilakukan retouching dan penyesuaian lainnya, untuk menghasilkan foto yang lebih baik tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 13 4G, Note 13 5G, Note 13 Pro 4G, dan Note 13 Pro 5G Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Selain kamera 200 MP, Xiaomi Redmi Note 13 Pro series dilengkapi oleh kamera ultra wide 8 MP (f/2.2) dan kamera makro 2 MP (f/2.4) sehingga pengguna bisa menikmati berbagai mode fotografi.

Untuk fitur, Redmi Note 13 Pro series turut dibekali dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS) untuk menghasilkan gambar yang lebih stabil tanpa blur.

Teknologi Tetra Pixel yang tersemat pada kamera diklaim bisa menghasilkan gambar yang jernih dan minim noise, dalam kondisi minim cahaya.

Kemudian, terdapat pula dukungan lensa 7P dengan Atomic Layer Deposition (ALD) untuk mengoptimalkan kinerja kamera, demi menghasilkan gambar dengan minim flare atau kilatan cahaya.

Fitur lainnya yang bisa dicoba mencakup Xiaomi ProCut, efek bokeh berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), fitur mempercantik hewan, Magic CutOut, dan beragam filter foto filmCamera serta filmFrame.

Ada juga algoritma AI Xiaomi Imaging Engine yang diklaim bisa mengoptimalkan kualitas gambar dan kecepatan dari teknologi dasar ponsel itu sendiri. Sebagai contoh, CPU, GPU, DSP, dan ISP ponsel diintegrasikan untuk memaksimalkan kecepatan pencitraan.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G Rilis di Indonesia, Harga Rp 6 Juta

Redmi Note 13 "reguler" bawa kamera 108 MP

Xiaomi Redmi Note 13 5G memiliki kamera utama 108 MP dengan in-sensor zoom 2xKOMPAS.com/ OIK YUSUF Xiaomi Redmi Note 13 5G memiliki kamera utama 108 MP dengan in-sensor zoom 2x
Beralih ke "saudaranya" Redmi Note 13 4G dan Note 13 5G, kedua ponsel ini membawa konfigurasi tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.7), kamera ultra wide 8 MP (f/2.2), dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Kamera 108 MP ini disebut bisa menawarkan detail tinggi untuk setiap gambar, serta menangkap detail halus dalam suatu subjek, baik tekstur, warna, maupun elemen lainnya.

Berikutnya, terdapat in-sensor zoom 3x yang meningkatkan fleksibilitas dan kualitas zoom pada pengambilan gambar. Kamera akan melakukan zoom digital secara lebih lancar dan detail, karena proses zoom dilakukan langsung di dalam sensor gambar.

Dengan demikian, pengguna bisa memotret objek jauh dengan detail yang lebih baik, tanpa mengorbankan kualitas gambar, sebagaimana dikutip KompasTekno dari keterangan resmi Xiaomi, Kamis (7/3/2024).

Sama seperti model Pro, Redmi Note 13 model "reguler" juga bisa mengandalkan filter filmCamera untuk membuat foto mempunyai kesan sinematik. Algoritma AI Xiaomi Imaging Engine yang hadir di model Pro pun dapat dinikmati pengguna Redmi Note 13 4G dan 5G.

Kamera bukan menjadi satu-satunya spesifikasi yang diunggulkan oleh Redmi Note 13 series. Jika tertarik, pengguna bisa mempelajari spesifikasi masing-masing ponsel Redmi Note 13 series lewat tautan di bawah ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com