Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadhan 2024 untuk HP Android dan iPhone

Kompas.com - 12/03/2024, 15:08 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa aplikasi jadwal imsak dan buka puasa untuk menunjang kelancaran dalam melaksanan ibadah puasa Ramadhan (kata baku: Ramadan) tahun ini.

Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2024, ada beberapa kebutuhan yang perlu disiapkan pengguna, salah satunya adalah mengetahui jadwal waktu imsak dan buka puasa. Kedua waktu tersebut menjadi penanda awal dan akhir dari ibadah puasa dalam satu hari.

Baca juga: Link dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub Motis 2024 dengan Kereta, Buka mulai Pukul 10.00

Jadwal imsak merupakan waktu dimulainya ibadah puasa yang biasanya ditandai dengan berkumandangnya azan salat Subuh. Sementara itu, waktu buka adalah waktu berakhirnya ibadah puasa yang biasanya ditandai dengan berkumandangnya azan salat Magrib.

Waktu imsak dan buka puasa itu perlu diperhatikan pengguna. Agar dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 2024 dengan tepat waktu, pengguna bisa memakai aplikasi jadwal imsak dan buka puasa.

Lantas, apa saja aplikasi jadwal imsak dan buka puasa yang dapat dipakai untuk menunjang ibadah puasa Ramadhan 2024? Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak daftar di bawah ini tentang beberapa aplikasi jadwal imsak dan buka puasa.

Daftar aplikasi jadwal imsak dan buka puasa

Ada beberapa aplikasi jadwal imsak dan buka puasa yang bisa membantu pengguna melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 2024 secara tepat waktu. Aplikasi-aplikasi ini umumnya memiliki fitur pengingat waktu imsak dan buka puasa.

Selain itu, aplikasi jadwal imsak dan buka puasa biasanya juga memiliki fitur yang dapat menunjang ibadah lainnya. Adapun beberapa aplikasi jadwal imsak dan buka puasa yang dapat dipakai untuk menunjang puasa Ramadhan 2024 adalah sebagai berikut.

1. Athan Pro

Ilustrasi aplikasi Athan ProApp Store Ilustrasi aplikasi Athan Pro

Aplikasi jadwal buka puasa dan imsak yang pertama adalah Athan Pro. Melalui aplikasi ini, pengguna bakal disajikan dengan jadwal ibadah secara lengkap, termasuk waktu salat, imsak, dan buka puasa.

Athan Pro akan memberikan notifikasi berupa suara azan pada pengguna apabila telah memasuki waktu ibadah tertentu, sehingga bisa meminimalisir ketinggalan menjalankan ibadah. Penentuan jadwal ibadah di aplikasi ini disesuaikan dengan lokasi pengguna terkini.

Selain itu, Athan Pro juga dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang ibadah, seperti penunjuk arah kiblat, bacaan Al Quran, dan sebagainya. Aplikasi ini bisa diunduh di toko Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk ponsel iPhone).

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis Bus Kemenhub 2024 via Aplikasi Mitra Darat, Buka Mulai Pukul 12.00

2. Muslim Pro

Ilustrasi aplikasi Muslim ProApp Store Ilustrasi aplikasi Muslim Pro

Aplikasi jadwal buka puasa dan imsak yang kedua adalah Muslim Pro. Aplikasi ini juga dibekali dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui waktu salat, imsak, dan buka puasa.

Pengguna bakal menerima notifikasi jadwal ibadah dari aplikasi Muslim Pro yang disesuaikan dengan lokasi terkini. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur Al-Quran bertulisan Arab lengkap dengan fonetik, terjemahan, serta resitasi audio.

Selain itu, Muslim Pro dilengkapi juga dengan fitur penunjuk arah kiblat, kalender Hijriyah, serta peta untuk menemukan lokasi rumah makan halal dan masjid.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com