Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iQoo Z9 Resmi, HP Android dengan MediaTek Dimensity 7200

Kompas.com - 13/03/2024, 14:04 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Sub-merek Vivo, iQoo memperkenalkan smartphone kelas menengah terbarunya, iQoo Z9 series ke pasar India. Smartphone ini merupakan suksesor dari iQoo Z8 yang sudah dirilis di China pada Agustus 2023.

Sebagai penerus, desain iQoo Z9 cukup serupa dengan pendahulunya. Hanya saja, HP baru seri-Z itu punya modul kamera belakang yang lebih besar dan lebih menyerupai bentuk kotak. Modulnya juga memiliki keempat sudut yang membulat dan terdapat dua sensor kamera yang diposisikan vertikal.

Selain desain, iQoo Z9 juga membawa peningkatan dari sektor dapur pacunya. iQoo Z9 mengandalkan chip besutan MediaTek Dimensity 7200 yang dirilis Februari 2023 lalu. Sementara itu, iQoo Z8 sebelumnya masih mengandalkan chip MediaTek Dimensity 8200 keluaran Desember 2022. 

Untuk lebih jelasnya, simak rincian spesifikasi iQoo Z9 series berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (13/3/2024).

Baca juga: iQoo TWS 2 Meluncur, Earphone Wireless Khusus Gaming Harga Rp 800.000-an

Spesifikasi iQoo Z9

Ilustrasi layar depan iQoo Z9 yang dilengkapi punch hole untuk menampung kamera depaniQoo Ilustrasi layar depan iQoo Z9 yang dilengkapi punch hole untuk menampung kamera depan

iQoo Z9 dilengkapi layar berpanel AMOLED dengan bentang 6,67 inci. Layar menawarkan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 300 Hz. Layar turut dilengkapi sebuah punch hole di tengah atas layar sebagai “rumah” dari kamera depan beresolusi 16 MP (f/2.0).

Untuk kamera belakangnya, iQoo Z9 memiliki dua kamera yang masing-masing beresolusi 50 MP (f/1.8) dengan sensor Sony IMX882 disertai penstabil gambar (OIS/Optical Image Stabilization). Tulisan “OIS” ini juga terdapat di bawah sensor kamera belakang.

Adapun kamera keduanya adalah sensor kedalaman (depth sensor) beresolusi 2 MP. Kamera belakang juga dapat digunakan untuk merekdam video resolusi 4K dengan frame rate di angka 30 fps (frame per second)

Chip MediaTek Dimensity 7200 yang dipakai untuk mentenagai smartphone ini dipadankan dengan satu opsi RAM dan dua opsi penyimpanan (storage). Pilihan yang ditawarkan terdiri dari RAM 8/128 GB dan RAM 8/256 GB.

Perluasan RAM dapat diperluas secara virtual hingga 8 GB lagi. Jadi, total kapasitas RAM bisa mencapai 16 GB.

iQoo Z9 resmi diperkenalkan ke pasar India. Smartphone mengandalkan chip Dimensity 7200 dan sensor Sony IMX882 untuk kamera utamanyaiQoo iQoo Z9 resmi diperkenalkan ke pasar India. Smartphone mengandalkan chip Dimensity 7200 dan sensor Sony IMX882 untuk kamera utamanya

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 14 dan dipoles dengan antarmuka FuntouchOS 14 khas Vivo. iQoo Z9 disokong baterai berkapasitas 5.000 mAH dengan pengisian daya cepat (fast charging) 44 watt.

Kabarnya, Vivo tetap akan menyematkan kepala charger (adapter charger) ke dalam kotak HP iQoo Z9 di pasar India. Belum diketahui apakah upaya ini diberlakukan hanya di India, atau ke beberapa wilayah lain juga.

Fitur pendukung lainnya terdiri dari dual nano SIM, Bluetooth 5.3, Wi-Fi a/b/g/n/ax, microSD untuk menambah ruang penyimpanan hingga 1 TB, IPS 54 (tahan air dan debu), dan port USB-C untuk pengisian daya atau transfer data.

Baca juga: HP iQoo Neo 9 Pro Versi Global Meluncur, Pakai Snapdragon 8 Gen 2

Harga iQoo Z9 di India

Banderol harganya iQoo Z9 beragam, sesuai dengan opsi RAM dan storage yang dipilih. Berikut rincian harganya:

  • iQoo Z9 (8/128 GB): 19.999 rupee (Rp 3,8 juta)
  • iQoo Z9 (8/256 GB): 21.999 rupee (Rp 4,2 juta)

Untuk opsi warna yang dihadirkan, iQoo Z9 memiliki warna Brushed Green dan Graphene Blue. Seperti yang disebut sebelumnya, iQoo Z9 masih tersedia untuk wilayah India saja. Belum diketahui apakah perangkat juga bakal dirilis ke negara lain, seperti Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com