Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 HP Galaxy Ini Tak Lagi Dapat Pembaruan Keamanan dari Samsung, Masih Bisa Dipakai?

Kompas.com - 14/03/2024, 08:03 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung rajin memperbarui laman daftar smartphone yang masih mendapatkan pembaruan keamanan (security update) dalam beberapa waktu ke depan.

Kini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut tampaknya menghapus empat smartphone lawas bikinan mereka dari daftar dukungan pembaruan keamanan. Keempat ponsel ini adalah Samsung Galaxy Note 10 Lite, Galaxy S10 Lite, Galaxy A02, dan Galaxy A71 4G.

Seperti diketahui, Galaxy Note 10 Lite, Galaxy S10, dan Galaxy A71 4G dirilis sekitar Januari 2020 lalu, dan ketiga ponsel ini telah mendapatkan dukungan security update selama empat tahun.

Sementara itu, Galaxy A02, ponsel yang dirilis sekitar Januari 2021 lalu, hanya mendapatkan dukungan pembaruan keamanan selama tiga tahun.

Artinya, memasuki Januari 2024, keempat ponsel tersebut tak lagi mendapatkan dukungan security update resmi dari Samsung.

Baca juga: Penjualan Samsung Galaxy S24 Series Ungguli S23, Model Ultra Terlaris

Lantas, apakah keempat ponsel ini masih bisa dipakai dengan normal meski tak lagi mendapatkan security update? Jawabannya adalah bisa, namun pengguna harus siap dengan segala masalah perangkat lunak (software) yang mungkin terjadi di ponsel mereka.

Tampak depan Samsung Galaxy A71.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampak depan Samsung Galaxy A71.

Beberapa masalah yang mungkin ditemui adalah aplikasi yang tidak kompatibel dengan ponsel atau sistem operasi (OS) Android versi lama, fitur-fitur yang hanya bisa digunakan di versi OS terbaru, benefit optimasi software terkini Samsung, dan lain sebagainya.

Selain itu, pengguna juga harus paham betul berbagai risiko keamanan yang mengintai apabila masih menggunakan ponsel yang sudah tak mendapatkan pembaruan keamanan resmi.

Salah satu risiko keamanan yang mungkin bisa mengancam data, keamanan, privasi, hingga keselamatan perangkat pengguna adalah aneka program berbahaya (malware) yang berkeliaran di internet, yang tentunya bisa menyerang ponsel mereka.

Baca juga: Terungkap, Rancangan HP Gulung Samsung dengan Pendeteksi Kualitas Udara

Lalu, berbagai celah keamanan di beberapa fitur utama ponsel, yang tentunya tak mendapatkan pembaruan keamanan, juga bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum jahat untuk membobol dan mencuri segala data dari ponsel pengguna.

Dengan berbagai risiko ini, ada baiknya pengguna Samsung yang memiliki empat ponsel di atas memakai perangkat lain yang masih mendapatkan pembaruan keamanan, misalnya perangkat keluaran 2021 atau 2022 ke atas. 

Daftar ponsel Samsung yang masih mendapatkan dukungan pembaruan keamanan bisa dilihat secara lengkap di tautan berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamsungMobile.com, Kamis (14/3/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com