Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chip Qualcomm Snapdragon X Elite Ternyata Kuat Jalankan Game PC

Kompas.com - 30/03/2024, 12:01 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Dalam Konferensi Pengembang Games (GDC) beberapa waktu lalu, pabrikan semikonduktor Qualcomm mengeklaim chip Snapdragon X Elite yang ditujukan untuk laptop Windows dapat menjalankan game PC.

Klaim itu ternyata bukan omong kosong belaka. Sebab, Qualcomm baru-baru ini mendemonstrasikannya kepada influencer di markasnya di San Diego, AS, dalam rangka acara "eXperience Day".

Para influencer tersebut mengunggah video di berbagai platform yang menunjukkan kebolehan Snapdragon X Elite menjalankan sejumlah game triple-A PC.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon 7 Plus Gen 3, Bawa AI On-Device di HP Menengah

Misalnya, video Devin Arthur dalam sebuah posting  di X (dahulu Twitter),  memperlihatkan game Baldur's Gate 3 berjalan dengan frame rate 30 fps pada resolusi 1080p di laptop berbasis Snapdragon X Elite.

Selain itu ada game lain juga, seperti Control, yang bisa dijalankan dengan frame rate sekitar 30-40 fps, meskipun bisa turun ke kisaran 20 fps di adegan-adegan intens seperti pertempuran.

Kemampuan Snapdragon X Elite menjalankan game PC cukup signifikan mengingat chip ini memiliki arsitektur ARM, sementara game Windows dirancang untuk berjalan di prosesor dengan arsitektur x86 seperti buatan Intel dan AMD.

Baca juga: Snapdragon 8s Gen 3 Bawa Tiga Fitur AI Qualcomm Ini ke Ponsel

Dengan kata lain, ada semacam translation layer yang mengemulasikan atau menerjemahkan instruksi game agar bisa berjalan di arsitektur ARM Snapdragon X Elite.

Mekanismenya mungki mirip dengan Proton di Steam Deck yang membuat aneka game Windows mampu berjalan di Linux tanpa penurunan kinerja berarti, atau Apple dengan emulator Rosetta untuk menjalankan aplikasi lama (x86) di chip M Series (ARM).

Gaming merupakan kelemahan Apple. Perusahaan tersebut memang menyediakan Game Compatibility Toolkit untuk menjalankan game di ARM, tapi belum dimanfaatkan untuk membawa banyak game ke ekosistem Mac. Sebaliknya, Qualcom terlihat sudah lebih maju.

Qualcomm mengatakan Snapdragon X Elite sudah mendukung 250 game PC dan pada saat peluncuran jumlahnya bakal meningkat menjadi 500 game PC, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Minggu (30/3/2024)

Sebagai penerus dari Snapdragon 8cx Gen 3, chip Snapdragon X Elite  diperkenalkan pada tahun 2023 lalu dalam acara Snapdragon Summit. Chip ini memiliki 12 core CPU Oryon 4 nm rancangan Nuvia yang berbasis arsitektur ARM.

Baca juga: Qualcomm Perkenalkan Chip Snapdragon X untuk Komputer Windows

Semua core-nya berjalan dengan kecepatan 3,8 GHz dan boost hingga 4,3 GHz. Snapdragon X Elite diklaim memiliki performa dua kali lebih cepat dibandingkan prosesor Intel generasi ke-13 Core i7-1355U dan lebih hemat daya dibanding Intel Core i7-13800H.

Chip ini juga mendukung display output yang beresolusi hingga 4K 120 Hz dengan HDR10 dan memiliki kapabilitas 5G lewat penggunaaan modem Snapdragon X65, PCIe Gen 4, serta USB 4 dengan dua koneksi USB C 10 Gbps.

Snapdragon X Elite juga hanya memiliki satu SKU, berbeda dengan pabrikan prosesor PC seperti Intel dan AMD yang menawarkan banyak pilihan SKU, masing-masing dengan konfigurasi berbeda seperti jumlah core CPU dan GPU yang dimiliki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com