Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Samsung Galaxy A35 5G

Kompas.com - 29/03/2024, 10:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Awal Maret 2024, Samsung meluncurkan dua anggota terbaru dari lini ponsel Galaxy A Series di Indonesia, yakni Galaxy A55 5G dan Galaxy A35 5G. Masing-masing merupakan penerus Galaxy A34 dan A54 keluaran tahun lalu.

Dari keduanya, Galaxy A35 5G diposisikan sebagai model yang lebih terjangkau dengan kisaran harga Rp 5 jutaan. Namun, spesifikasinya masih cukup mumpuni, temasuk dapur pacu yang kini menggunakan chip Exynos 1380 seperti Galaxy A54.

Baca juga: Harga Selisih Rp 1 Juta, Ini 3 Perbedaan Samsung Galaxy A55 dan Galaxy A35

KompasTekno mendapatkan sample unit retail Samsung Galaxy A35 5G varian warna Awesome Lilac. Kira-kira seperti apa kelengkapan aksesor dan penampilan dari smartphone anyar ini?

Tanpa charger, hanya kabel

Seperti biasanya untuk ponsel-ponsel Samsung beberapa tahun belakangan, Galaxy A35 5G datang dalam kotak kemasan yang berbentuk jauh lebih tipis dari boks ponsel-ponsel lain pada umumnya.

Rangkaian aksesori di dalam kemasan Samsung Galaxy A35KOMPAS.com/ OIK YUSUF Rangkaian aksesori di dalam kemasan Samsung Galaxy A35

Kemasan Galaxy A35 5G ramping lantaran tidak lagi memuat unit charger, melainkan hanya kabel berjenis USB C ke USB C. Pengguna mesti sudah memiliki charger atau harus membelinya secara terpisah untuk mengisi baterai perangkat.

Di samping kabel, tak banyak aksesori lain yang bisa ditemukan. Hanya ada dua booklet panduan singkat dan garansi, serta sebuah SIM card ejector tool berbentuk simple.

Tampil cantik dengan warna lilac

Dari segi desain, Galaxy A35 5G tampil beda Galaxy A34 sebelumnya. Layarnya kini tidak lagi berponi, tapi mengadopsi konsep Infinity-O dengan punch hole yang memuat kamera depan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A35 5G di Indonesia

Panelnya sendiri masih identik, yakni Super AMOLED 6,6 inci (2.340 x 1.080 piksel. 120 Hz) dengan in-display fingerprint berjenis optical di bagian bawah.

Tombol volume dan daya Galaxy A35 ditempatkan di Key Island yang menonjol dibanding bagian frame selebihnya. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tombol volume dan daya Galaxy A35 ditempatkan di Key Island yang menonjol dibanding bagian frame selebihnya.

Bagian depan dan belakang dari Samsung Galaxy A35.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian depan dan belakang dari Samsung Galaxy A35.

Namun, layar Galaxy A35 5G kini sudah dilapis kaca pelindung Gorilla Glass Victus, meningkat dari Gorilla Glass 5 di produk sebelumnya.

Jika diamati lebih dekat, terdapat beberapa perbedaan lain di antara Galaxy A35 5G dan A34. Salah satunya adalah tombol-tombol volume dan daya di sisi kanan kini ditempatkan di bagian frame yang sedikit lebih menonjol dibandingkan selebuhnya yang berbentuk flat.

Oleh Samsung, model penempatan tombol samping tersebut dinamai "Key Island". Desain ini pertama kali diterapkan di Galaxy A25 dan A15 pada akhir tahun lalu.

Satu lagi perbedaan Galaxy A35 dari pendahulunya terletak pada bahan punggungnya yang kini menggunakan kaca (glass back) dengan finishing glossy sehingga terlihat mengilap dan lebih premium, mirip dengan Galaxy A55.

Bagian bawah (foto kiri) dan bagian atas Samsung Galaxy A35.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian bawah (foto kiri) dan bagian atas Samsung Galaxy A35.

Laci SIM berjenis hybrid di Samsung Galaxy A35.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Laci SIM berjenis hybrid di Samsung Galaxy A35.

Unit Galaxy A35 5G yang diterima KompasTekno merupakan varian Awesome Lilac yang berwarna ungu cenderung pink, dengan aksen pantulan cahaya berwarna pelangi.

Di sisi bawah terdapat konektor USB C dan loudspeaker seperti biasa, sedangkan laci SIM terletak di atas. Laci SIM Galaxy A35 5G mampu memuat dua buah kartu nano SIM atau satu buah nano SIM berikut kartu memori micro SD.

Hardware lebih bertenaga, kamera relatif sama

Selain tampilan luar, Samsung ikut merombak spesifikasi internal dari Galaxy A35 5G. Dapur pacu ponsel ini sekarang ditenagai system-on-chip Exynos 1380 yang lebih kencang dari Dimensity 1080 milik pendahulunya.

Baca juga: Samsung Galaxy A35 5G Vs Galaxy A34 5G, Desain Mirip, Spesifikasi Beda Tipis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com