Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chip Modem Qualcomm Snapdragon X80 5G Resmi dengan Fitur Komunikasi Satelit

Kompas.com - Diperbarui 26/02/2024, 21:35 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat, Qualcomm resmi meluncurkan chip modem 5G canggih terbarunya, bernama Snapdragon X80 5G di ajang Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024, Senin (26/2/2024).

Chip ini merupakan model lanjutan dari chip modem 5G Snapdragon X75 5G yang diperkenalkan Qualcomm tahun lalu.

Salah satu keistimewaan Snapdragon X80 5G adalah chip ini menjadi modem 5G pertama didunia yang terintegrasi penuh dengan dukungan fitur komunikasi satelit NB (narrowband) hingga jaringan non-teresterial (non-terrestrial networks).

Seperti dilaporkan jurnalis KOMPAS.com Mikhaangelo Fabialdi dari gelaran MWC 2024 di Barcelona, dukungan konektivitas NB-NTN ini memungkinkan Snapdragon X80 5G tersebut menawarkan dukungan komunikasi satelit.

Beberapa waktu belakangan, sejumlah vendor mulai menambahkan fitur komunikasi satelit ke ponsel flagship bikinannya. Misalnya, iPhone 14 series, iPhone 15 series, Huawei Mate 50, Huawei Mate 60, hingga yang terbaru Xiaomi 14 Pro versi titanium dan Xiaomi 14 Ultra versi titanium. 

Qualcomm Snapdragon X80.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Qualcomm Snapdragon X80.

Dengan adanya fitur komunikasi satelit, ponsel diharapkan masih bisa berfungsi (seperti mengirim pesan) dalam keadaan darurat, meski tidak memiliki sinyal seluler.

Modem 5G Qualcomm dirilis setiap tahunnya untuk disematkan di berbagai ponsel flagship. Sebagai contoh, modem Snapdragon X75 5G yang dirilis tahun lalu, kini disematkan di Samsung Galaxy S24 series.

Modem Snapdragon X80 5G diharapkan hadir di banyak smartphone flagship mulai akhir tahun ini. Dengan begitu, tak menutup kemungkinan, kita akan melihat lebih banyak smartphone kelas atas dengan dukungan konektivitas satelit yang diluncurkan akhir tahun ini hingga tahun depan.

"Snapdragon X80 Modem-RF System memberdayakan OEM dan operator untuk menciptakan perangkat generasi berikutnya yang mendukung 5G Advanced, dengan kemampuan yang tak tertandingi dan kinerja yang terdepan,” pungkas Senior Vice President and General Manager, Technology Planning and Edge Solutions, Qualcomm Technologies, Durga Malladi.

Baca juga: Qualcomm Rilis Perpustakaan AI Hub untuk Pengembang Aplikasi

Lebih hemat daya berkat prosesor AI khusus

Qualcomm merilis chip model 5G X80 yang dibekali dengan dukungan fitur komunikasi satelit NB (narrowband)-NTN (non-terrestrial networks) yang diklaim pertama di dunia.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Qualcomm merilis chip model 5G X80 yang dibekali dengan dukungan fitur komunikasi satelit NB (narrowband)-NTN (non-terrestrial networks) yang diklaim pertama di dunia.

Selain dukungan NB-NTN, Snapdragon X80 5G juga turut hadir dengan dukungan berbagai fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Fitur ini dimungkinkan berkat kehadiran prosesor AI khusus, yakni Qualcomm 5G AI Suite Gen 3.

Dengan hardware ini, Qualcomm mengeklaim chip modem 5G terbarunya itu bisa meningkatkan kecepatan internet dan jangkauan atau kualitas sinyal. Chip modem Qualcomm Snapdragon X80 5G ini juga disebut mampu meminimalisir latensi sekaligus mengurangi konsumsi daya dengan bantuan AI.

Qualcomm merinci, Snapdragon X80 5G memiliki konsumsi daya 10 persen lebih rendah ketika menerima sinyal 5G dengan jaringan millimeter wave (mmWave), jika dibandingkan dengan modem Snapdragon X75 tahun lalu.

Prosesor AI Qualcomm 5G AI Suite Gen 3 yang terintegrasi di X80 5G juga menghadirkan peningkatan cakupan dan akurasi lokasi hingga 30 persen dibandingkan model sebelumnya.

Beralih ke aspek performa, Qualcomm menyebut bahwa Snapdragon X80 5G memiliki kecepatan unduh (download) maksimal hingga 10 Gbps dan kecepatan unggah (upload) hingga 3.5 Gbps, baik itu di tipe jaringan 5G mmWave maupun sub-6 GHz.

Baca juga: Qualcomm Perkenalkan Snapdragon XR2 Plus Gen 2, Chip Pesaing Headset Apple Vision Pro

Modem Snapdragon X80 5G juga menghadirkan arsitektur 6 antena penerima. Ini merupakan modem 5G pertama dengan agregasi operator downlink 6x dan ekstensi jangkauan mmWave berbasis AI. X80 menggunakan antena QTM565 mmWave yang sama dengan modem Snapdragon X75 untuk menerima sinyal.

Spesifikasi lengkap chip modem 5G terbaru Qualcomm, Snapdragon X80 5G bisa disimak melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com