Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bikin Kanal YouTube Baru untuk Pengembang Aplikasi

Kompas.com - 29/03/2024, 18:02 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Apple membuat saluran (channel) baru di YouTube, bernama "Apple Developer".

Sebagaimana namanya, saluran ini ditujukan Apple untuk membagikan berbagai inovasi dari pengembang, termasuk fitur baru yang diumumkan dalam konferensi pengembang tahunan Apple atau disebut Worldwide Developers Conference (WWDC).

Kanal YouTube baru Apple ini tercatat dibuat jelang WWDC 2024. Sebab, WWDC 2024 dijadwalkan berlangsung pada 10-14 Juni 2024.

Mengacu deskripsinya, channel Apple Developer dibuat pada 24 Februari 2024. Channel ini sudah memiliki 40 video, terdiri dari berbagai hal yang diumumkan Apple di WWDC 2023. Sebagian besar konten itu baru diunggah sehari yang lalu, atau sekitar tanggal 27 Maret 2024.

Ke-40 videonya disusun dalam beberapa playlist berdasarkan topiknya, sehingga memudahkan penonton memilih video yang ingin diputar.

Baca juga: Ajang Kumpul Developer Apple WWDC 2024 Digelar 10 Juni, iOS 18 Diumumkan?

Saluran YouTube itu nantinya akan menayangkan berbagai sesi yang digelar di WWDC 2024. Jadi pengembang di mana pun bisa menyaksikan gelaran tahunan Apple tersebut secara online, di samping lewat situs web dan aplikasi Apple Developer.

Di samping channel Apple Developer, raksasa teknologi ini sebenarnya sudah memiliki saluran YouTube bernama "Apple". Namun tampaknya saluran yang sudah ada sejak tahun 2005 itu ditujukan untuk berbagai produk hardware Apple berikut tutorialnya.

Sebelumnya WWDC diselenggarakan secara luring alias offline. Namun sejak pandemi pada tahun 2020, ajang kumpul developer ini digelar secara online dan berangsur hybrid (online-offline) pada tahun 2022 dan seterusnya.

Untuk agenda online WWDC 2024, Apple bakal menyiarkannya lewat situs web dan aplikasi Apple Developer serta saluran YouTube barunya, dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (29/3/2028).

Baca juga: Profil Tim Cook, Bos Apple yang Mau ke Indonesia Bulan Depan

Lewat WWDC, Apple biasanya mengumumkan bermacam fitur baru dari berbagai sistem operasinya. Termasuk iOS, iPadOS, macOS, watchOS, tvOS, hingga visionOS.

Umumkan iOS 18?

Di WWDC 2024, Apple konon bakal mengumumkan iOS 18, sistem operasi generasi baru untuk iPhone. Penerus iOS 17 itu konon akan menjadi pembaruan terbesar bagi iPhone.

Pasalnya, iOS 18 diyakini membawa fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), antarmuka Home Screen yang bisa lebih dikustomisasi, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur berbasis AI yang konon hadir di iOS 18 yaitu asisten Siri yang lebih cerdas, buat playlist otomatis di Apple Music hingga AI yang bisa melengkapi kalimat atau menjawab pertanyaan secara otomatis di aplikasi Messages.

Apple sendiri belum merinci fitur AI apa yang akan dihadirkan di iOS 18 yang pada akhirnya muncul di iPhone. Yang jelas, CEO Apple Tim Cook memastikan bahwa pihaknya bakal memperkenalkan fitur berbasis AI pada akhir tahun ini.

"Kami terus berupaya dan tidak sabar membagikan hasil kerja kami yang sedang berlangsung di bidang tersebut (AI) akhir tahun ini," kata Cook dalam pemaparan laporan pendapatan Apple kuartal I-2024.

Tahun lalu, Tim Cook juga mengonfirmasi bahwa pihaknya berinvestasi pada AI generatif. Bahkan daftar lowongan pekerjaan Apple juga menunjukkan bahwa perusahaan sedang menjajaki penggunaan AI di lingkup internal maupun eksternal.

Ini termasuk untuk Siri, tools bagi pengembang hingga layanan dukungan pelanggan, dihimpun KompasTekno dari TechCrunch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com