Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Trik Bikin Sinyal HP Android Makin Kuat

Kompas.com - 05/02/2024, 11:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Kondisi susah sinyal kini bisa membuat banyak pengguna ponsel resah. Bagaimana tidak? Sinyal yang lemah membuat penggua sulit berkomunikasi, tidak bisa update konten di media sosial, proses kirim pesan teks yang lambat bahkan gagal, dan masih banyak lagi.

Umumnya, faktor yang memengaruhi smartphone menjadi susah terkoneksi jaringan adalah cuaca buruk, jangkauan area operator seluler yang kurang luas, kemungkinan terjadi pemadaman massal, dan sebagainya.

Kendati begitu, kondisi ini tidak bersifat permanen dan bisa diatasi dengan langkah-langkah sederhana. Misalnya, mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) sesaat, lalu menonaktifkannya kembali.

Nah, apabila Anda pernah mengalami sulit terkoneksi jaringan dan ingin terhindar dari masalah tersebut, setidaknya ada sejumlah trik yang bisa diterapkan untuk memperkuat ponsel Android Anda.

Baca juga: 13 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP Android dengan Mudah dan Praktis

Berikut adalah 10 trik memperkuat sinyal smartphone Android, seperti yang sudah dirangkum oleh KompasTekno dari CNET, Senin (5/2/2024).

1. Pergi keluar ruangan

Ilustrasi cari sinyal di luar ruanganCNET Ilustrasi cari sinyal di luar ruangan

Pertama-tama, Anda bisa pergi ke luar ruangan, alias ke area terbuka. Terkadang, untuk beberapa lokasi, sinyal atau jaringan menjadi sulit terdeteksi karena adanya penghalang di dalam ruangan. Misalnya, dinding beton ataupun benda logam.

Maka dari itu, solusi yang bisa dilakukan adalah pergi ke luar ruangan. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda bisa pergi ke jendela terdekat di dalam ruangan.

2. Lepaskan casing ponsel

Solusi kedua adalah melepaskan casing pelindung pada smartphone. Langkah ini cocok untuk Anda yang gemar menggunakan casing berbahan tebal.

Sebab, casing yang tebal bisa saja memblokir atau menghalangi antena yang terdapat pada bodi ponsel. Untuk beberapa smartphone, antena menjadi sulit menerima atau mencari jaringan/sinyal karena terhalang oleh kasing pelindung.

3. Baterai dalam kondisi penuh

Ilustrasi charging baterai di ponselKOMPAS.com/ OIK YUSUF Ilustrasi charging baterai di ponsel

Selama proses pencarian sinyal, pastikan Anda sudah mengisi daya baterai sampai penuh. Dikarenakan proses mencari daya membuat smartphone bekerja lebih keras. Yang mana, hal tersebut bakal menguras banyak daya baterai.

4. Aktifkan mode pesawat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda bisa mencoba mengaktifkan mode pesawat selama beberapa waktu dan menonaktifkannya kembali. Dengan beralih dari mode pesawat ke mode seluler, Anda secara tidak langsung “memaksa” ponsel mencari jaringan/sinyal terbaik di area tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com