Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Razer Luncurkan Keyboard Mekanik BlackWidow V4 Versi Ringkas, Harga Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 22/08/2023, 16:44 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pabrikan periferal Razer kembali memperkenalkan produk baru untuk gamer PC, kali ini berupa versi ringkas dari jajaran keyboard mekanik BlackWidow V4, yakni BlackWidow V4 75 Percent.

Sesuai namanya, BlackWidow V4 75 Percent mengusung form factor 75 persen sehingga menghemat ruang di meja. Ukurannya lebih kecil dibandingkan keyboard BlackWidow V4, BlackWidow V4X, dan BlackWidow V4 Pro sebelumnya yang menggunakan layout full-size.

Baca juga: Corsair K70 Max, Keyboard Mekanik dengan Switch yang Bisa Diatur

Ukuran form factor 75 persen berada di antara tenkeyless dan 60/65 persen. Tombol fungsi (F), dan sebagian tombol navigasi -termasuk tombol panah- masih disediakan, namun posisinya dirapatkan ke kiri.

Untuk BlackWidow 75 Percent, di pojok kanan atas juga tedapat media roller berikut dua buah tombol media.

Ilustrasi switch dan keycaps keyboard Razer BlackWidow 75 Percent  Roblox Ilustrasi switch dan keycaps keyboard Razer BlackWidow 75 Percent
Keyboard ini datang dengan switch tactile Orange generasi ketiga dari Razer, berikut stabilizer yang dilumasi dari pabrik dengan pelumas GPL 205g0.

Rangkaian switch yang juga factory lubricated tersebut menggunakan soket PCB hotswap dengan 3 dan 5 pin, serta dipasangi keycaps berbahan doubleshot ABS.

Baca juga: Cara Membersihkan Keyboard Mekanik dan Perawatannya

Sisi atas casing yang berwarna hitam dibuat dari bahan aluminium, sementara sisi bawahnya dari plastik ABS. Terdapat dua lapisan foam untuk meredam bunyi yang tidak diinginkan seperti pinging.

Struktur keyboard Razer BlackWidow 75 Percent  Razer Struktur keyboard Razer BlackWidow 75 Percent
Tentu saja, BlackWidow V4 75 Percent yang menggunakan kabel USB-C detachable ini pun memiliki fitur-fitur ala keyboard gaming seperti polling rate hingga 8.000 Hz, N-key rollover, dan anti-ghosting.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (22/8/20230), Razer turut menyematkan backlight RGB per-key dan under-glow yang bisa dikendalikan lewat software Razer Chroma.

Razer BlackWidow V4 dipasarkan dengan harga ritel 190 dollar AS (sekitar Rp 2,9 juta). Rencananya akan ada versi warna putih yang akan dirilis pertengahan September mendatang dengan banderol 200 dollar AS (sekitar Rp 3,1 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com