Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Komunitas di X Twitter dan Cara Membuatnya

Kompas.com - 25/02/2024, 16:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Platform X Twitter memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbagai kebutuhan. Misalnya saja fitur komunitas di X Twitter untuk digunakan pengguna dapat berkumpul dengan para pengguna lain dengan minat yang sama.

Fitur komunitas di X Twitter juga memungkinkan Anda untuk terhubung dengan orang-orang dari seluruh dunia yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk membangun pertemanan baru, belajar hal-hal baru, dan mendapatkan dukungan dari orang lain.

Nah bagi Anda yang ingin mencoba membuat channel Komunitas di X Twitter untuk mengumpulkan berbagai pengguna dengan minat yang sama, berikut ini uraian pengertian dan tutorial membuatnya.

Baca juga: 5 Cara Download Video Twitter X dengan Mudah dan Praktis

Apa itu Komunitas X Twitter?

Dilansir dari laman resmi X Twitter, X Komunitas adalah fitur di Twitter yang memungkinkan pengguna membentuk kelompok orang dengan minat dan ide serupa. Komunitas menciptakan ruang khusus di mana anggota dapat berinteraksi dengan orang-orang yang berbagi pandangan tentang suatu topik tertentu.

Bagi Anda yang bergabung sebagai brand di Komunitas X, terdapat beberapa manfaat:

  • Membangun komunitas pendukung untuk merek Anda
  • Meningkatkan visibilitas merek Anda di platform
  • Berpotensi meningkatkan penjualan melalui interaksi dan keterlibatan dengan audiens yang lebih terfokus

Cara membuat komunitas di X Twitter

Kendati demikian perlu diperhatikan bahwa hanya pengguna premium atau berlangganan saja yang bisa membuat channel Komunitas di X Twitter. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka akun X Twitter Anda di HP maupun peramban di https://twitter.com/ 
  • Ketuk ikon "Komunitas" di bagian bawah atau menu bar samping layar apabila Anda mengaksesnya lewat PC. Ikon ini berbentuk ikon dua orang
  • Ketuk tombol "Buat Komunitas"
  • Masukkan nama dan deskripsi komunitas Anda
  • Pilih kategori untuk komunitas Anda
  • Pilih pengaturan privasi untuk komunitas Anda
  • Unggah gambar profil dan banner untuk komunitas Anda
  • Tambahkan moderator dan admin untuk komunitas Anda
  • Selesai, kini Anda bisa membuat Tweet untuk mengumumkan komunitas Anda

Cara kerja Komunitas X Twitter

Semua Komunitas X bisa dilihat oleh siapa pun, namun tweet di dalamnya sedikit berbeda dari yang biasa. Saat Anda membuat tweet di Komunitas, tweet tersebut tidak akan mencul di profil atau beranda pengikut Anda. Tweet Anda hanya dapai dilihat oleh anggota Komunitas X.

Namun perlu diperhatikan bahwa Komunitas tidak seperti ruang obrolan pribadi, namun seluruh anggota yang tergabung di Komunitas tersebut tentu dapat melihat postingan yang Anda bagikan di ruang komunitas.

Hanya anggota komunitas yang bisa berinteraksi, pengguna lain yang tidak tergabung maka hanya bisa menyimak/melihat. Bagi pengguna yang ingi tergabung di komunitas tertentu, maka harus memiliki akun terbuka/umum dan tidak privat.

Beberapa Komunitas di X Twitter sebenarnya bisa diikuti siapa saja, namun admin bisa jadi meminta persetujuan terlebih dahulu.

Itulah uraian mengenai komunitas di X Twitter dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat. Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a.  Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com