Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Gmail Bakal Ditutup Tahun Ini, Ini Faktanya

Kompas.com - Diperbarui 01/03/2024, 07:51 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, di media sosial seperti X (dulu Twitter), tengah ramai kabar soal Gmail yang akan ditutup Google tahun 2024. Banyak warganet yang kemudian sangat menyayangkan jika kabar Gmail ditutup itu benar.

Kabar Gmail ditutup salah satunya muncul melalui twit dari akun base dengan handle @tanyakanrl. Dalam twit yang diunggah pada 27 Februari 2024, terdapat pengirim yang mengatakan, apabila Gmail ditutup, bagaimana nasib platform lain yang terhubung dengannya.

Baca juga: 4 Cara Mengganti Password Gmail di HP dengan Mudah dan Praktis

Selain itu, masih banyak lagi dijumpai twit-twit lain yang membagikan kabar Gmail ditutup. Benarkah Gmail akan ditutup tahun 2024, sebagaimana ramai didiskusikan warganet?

Apakah Gmail akan ditutup tahun ini?

Kabar Gmail ditutup bukanlah sebuah fakta, melainkan hoaks yang dibuat-buat. Berdasar penelusuran kami, hoaks penutupan Gmail mulai muncul di medsos X sejak sekitar seminggu yang lalu, tepatnya 23 Februari 2024.

Tampilan pesan hoaks Gmail ditutup yang ramai beredar di medsos X.x.com/@varunramg Tampilan pesan hoaks Gmail ditutup yang ramai beredar di medsos X.

Hoaks ini bermula dari adanya tangkapan layar pesan Google yang berjudul “Google is Sunsetting Gmail” atau bahasa Indonesianya “Google Menutup Gmail”. Di pesan itu, tertera peringatan bahwa Gmail akan secara resmi ditutup pada 1 Agustus 2024.

Saat itu, banyak pengguna yang membagikan tangkapan layar pesan tersebut ke medsos X. Namun, tak berselang lama dari hoaks Gmail ditutup beredar, pihak Gmail pun langsung membantah hal tersebut.

Pada waktu yang sama, 23 Februari 2024, Gmail lewat akun resminya di X mengatakan, “Gmail is here to stay” atau “Gmail masih tetap ada”, sebagaimana yang tertera dalam twit di bawah ini.

Jadi, sekali lagi, kabar Gmail ditutup hanyalah hoaks semata. Dalam huru-hara penutupan Gmail ini, di sisi lain, faktanya adalah Google tahun ini secara bertahap akan menutup salah satu layanan Gmail.

Baca juga: 5 Cara Melihat Password Gmail yang Lupa di HP dan Laptop dengan Mudah

Penutupan hanya pada layanan tampilan Gmail sederhana

Penutupan hanya terjadi pada salah satu layanan, bukan seluruh platform Gmail. Pada sekitar akhir tahun kemarin, Google mengumumkan bakal menutup layanan tampilan Gmail sederhana atau biasa dikenal dengan Gmail HTML View mulai tahun ini.

Untuk diketahui, Gmail selama ini secara umum tersedia dalam dua format tampilan website. Pertama, tampilan standar atau Gmail Standard View yang biasa diakses oleh kebanyakan pengguna saat ini. Tampilan standar ini sudah hadir sejak 10 tahun yang lalu.

Tampilan Gmail Standard View yang biasa digunakan saat ini.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan Gmail Standard View yang biasa digunakan saat ini.

Kemudian, yang kedua, tampilan Gmail HTML View yang sederhana dan tak banyak memuat animasi, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini. Layanan tampilan Gmail sederhana inilah yang bakal ditutup Google mulai tahun ini.

Tampilan Gmail HTML View yang bakal ditutup tahun ini.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan Gmail HTML View yang bakal ditutup tahun ini.

Layanan Gmail HTML View untuk saat ini masih bisa diakses oleh pengguna. Untuk mengaksesnya, pengguna bisa login Gmail melalui URL ini https://mail.google.com/mail/u/0/h.

Meski Gmail HTML View masih bisa diakses, saat hendak login pengguna bakal ditampilkan dengan pesan peringatan bahwa layanan ini bakal ditutup. Pada pesan tersebut, diketahui bahwa Gmail HTML View akan ditutup mulai Februari 2024.

Pengumuman penutupan Gmail HTML View yang dimulai pada Februari 2024.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Pengumuman penutupan Gmail HTML View yang dimulai pada Februari 2024.

Kemudian, saat telah ditutup, pengguna bakal secara otomatis menggunakan tampilan Gmail standar. Dengan demikian, pengguna yang terbiasa menggunakan Gmail HTML View tak akan bisa lagi membuka Gmail dengan tampilan sederhana.

Bila dibandingkan dengan Gmail Standard View, layanan Gmail tampilan sederhana ini memiliki fitur yang terbatas. Gmail HTML View tidak dibekali dengan fitur-fitur, seperti obrolan (chat), pemeriksaan ejaan, pintasan keyboard, impor kontak, dan format teks yang kaya.

Di sisi lain, meski tampilannya sederhana dan fiturnya terbatas, Gmail HTML View sejatinya memiliki beberapa keunggulan. Misalnya, tampilan Gmail versi sederhana ini memungkinkan pengguna membuka Gmail dengan cepat karena lebih ringan dibandingkan versi standar.

Baca juga: Cara Menghapus E-mail di Gmail yang Menumpuk dengan Cepat

Kemudian, dengan Gmail HTML View, pengguna jadi tetap bisa mengakses Gmail di perangkat lama atau perangkat “jadul” dengan browser yang lawas. Lantaran lebih ringan, Gmail HTML View juga memungkinkan untuk diakses dengan koneksi internet yang lambat.

Jadi, bila Gmail HTML View hilang, pengguna akan sepenuhnya bergantung pada versi tampilan standar. Sementara itu, tidak jelas apakah Google berencana menambahkan mode rendah baru sebagai layanan tampilan Gmail sederhana.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com