Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu HP Boba? Begini Penjelasan dan Contohnya

Kompas.com - 30/03/2024, 12:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - HP (handphone) saat ini memiliki beberapa penyebutan tambahan yang diberikan oleh pengguna. Salah satu penyebutan yang umum dipakai saat ini adalah HP kamera “boba” atau biasa dikenal juga dengan HP “boba”.

Saking umumnya dipakai, sebagian dari Anda mungkin juga sudah sering mendengar penyebutan HP boba atau HP kamera boba. Meski sudah sering dilontarkan, sebagian pengguna mungkin belum mengerti maksud dari atribut “boba” pada HP.

Baca juga: Kenapa HP Sekarang Banyak yang Pakai Baterai Tanam?

Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan HP boba? Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak ulasan di bawah ini mengenai HP boba yang saat ini umum dipakai untuk menyebut model HP tertentu.

Apa itu HP boba?

Untuk diketahui, HP boba sejatinya tidak memiliki definisi baku. Namun, pengertian dari HP boba bisa ditelusuri dari awal mula kemunculannya dan kebiasan pengguna dalam menyebutkannya.

Berdasarkan kebiasaan pengguna selama ini, HP boba adalah penyebutan atas model HP dengan desain kamera tertentu. HP yang dijuluki sebagai HP boba biasanya memiliki desain kamera dengan terdiri dari beberapa kamera belakang.

Kamera Belakang di iPhone 11 Pro.KOMPAS.com/Bill Clinten Kamera Belakang di iPhone 11 Pro.

Kemudian, HP kamera boba yang terdiri dari beberapa kamera belakang itu umumnya memiliki desain wadah kamera yang bulat dengan bezel menonjol. Penyebutan “boba” pada model HP dengan desain kamera seperti itu tampaknya berkaitan dengan minuman boba.

Sebagai informasi, boba adalah bahan tambahan berbahan dasar tepung tapioka yang menjadi isian minuman teh susu. Di minuman tersebut, boba biasanya memiliki bentuk bulat dan berwarna coklat gelap.

Bentuk bulat pada boba itu yang mungkin membuat nama “boba” diadaptasi pengguna untuk menyebut HP dengan desain wadah kamera belakang yang juga bulat dan menonjol.

Jadi, HP boba secara sederhana bisa dipahami sebagai HP dengan dengan desain kamera belakang yang bulat dan menonjol seperti “boba” pada minuman.

Itulah penjelasan mengenai HP boba. Lantas, sebenarnya HP apa saja yang kamera boba? Jika penasaran ingin mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah beberapa contoh HP dengan kamera boba.

Baca juga: Mengapa Desain Smartphone Kini Tampak Hampir Mirip Semua?

Contoh HP boba

Julukan HP kamera boba biasanya ditujukan untuk beberapa model iPhone. Penyebutan HP boba untuk beberapa model iPhone ini tak lepas dari awal mula kemunculannya.

Untuk diketahui, penyebutan HP boba muncul berbarengan dengan kehadiran seri iPhone 11, sekitar 2021. Seri iPhone 11 yang terdiri dari iPhone 11 biasa, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max, kala itu hadir dengan desain kamera yang lebih segar dari seri-seri sebelumnya.

Sebagai informasi, sebelum iPhone 11 series dirilis, iPhone umumnya menggunakan desain kamera belakang yang menyatu dalam satu wadah. Misalnya, iPhone X dan iPhone Xs yang punya dua kamera belakang, yang terletak pada satu wadah lonjong.

iPhone 11 series membawa desain kamera belakang yang saling terpisah antara satu kamera dengan kamera lainnya. Tiap kamera itu terletak pada bezel yang bulat dan sedikit menonjol ke luar dari bodi belakang.

Di media sosial kala itu, model iPhone 11 series, terutama iPhone 11 versi “Pro”, marak disebut dengan HP kamera boba atau HP. Setelah kemunculan iPhone 11 series, seri-seri iPhone berikutnya dengan desain kamera serupa pun akhirnya dijuluki dengan HP boba.

Jadi, beberapa contoh HP kamera boba antara lain, seperti iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, iPhone 14, dan iPhone 15 series. Akan tetapi, saat ini, desain kamera belakang yang bulat dan menonjol itu sejatinya tak cuma dipakai di iPhone.

Terdapat beberapa model HP lain yang juga menggunakan desain kamera belakang serupa. Misalnya, ZTE Axon 50 Lite 5G yang memiliki desain kamera belakang dengan bezel bulat dan sedikit menonjol ke luar dari bodi belakang.

ZTE Axon 50 Lite 5G meluncur dengan tiga kamera boba, kayar 6,6 inci, baterai 5.000 mAh, fast charging 22,5 watt.ZTE ZTE Axon 50 Lite 5G meluncur dengan tiga kamera boba, kayar 6,6 inci, baterai 5.000 mAh, fast charging 22,5 watt.

Meski saat ini sudah banyak HP dengan desain kamera belakang yang bulat dan menonjol, julukan HP kamera boba lebih sering dikaitkan dengan iPhone. Penyebabnya tak lepas dari awal mula penyebutan HP boba untuk iPhone.

Baca juga: Apa Itu Refresh Rate 120 Hz di Ponsel dan Kegunaannya

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com