Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan HP Non-Nokia Pertama dari HMD Global, Ada Dua Versi

Kompas.com - 19/04/2024, 10:02 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahan pemegang lisensi merek Nokia, Human Mobile Devices (HMD), mengumumkan rencananya untuk membuat dua ponsel terbaru mereka yang bakal diluncurkan dengan nama HMD Pulse dan HMD Pulse Pro.

HMD menyebut ponsel mereka “terjangkau, indah, diminati, dan mudah diperbaiki” di acara Mobile World Congress (MWC). Dengan label “terjangkau” ini, HMD kemungkinan akan menargetkan kedua ponselnya di segmen pasar smartphone mid-range atau entry-level.

Baca juga: HMD Global Akan Hidupkan Lagi HP Jadul Ikonik, Nokia 3310 atau 3210?

Pembocor @Onleaks bersama MySmartPrice dan 91Mobiles membagikan bocoran tampilan dari kedua ponsel. Ponsel entry level HMD Pulse hadir dengan gradasi warna ungu dan biru muda, sementara varian lebih tinggi, HMD Pulse Pro, tampil dengan biru tua atau nuansa hitam.

Bocoran tampilan ponsel HMD Pulse (kiri) dan HMD Pulse Pro (kanan)91 mobiles, my smartprice Bocoran tampilan ponsel HMD Pulse (kiri) dan HMD Pulse Pro (kanan)

Desain ponsel ini terlihat cukup umum digunakan, dengan camera island berbentuk persegi panjang, sudut yang melengkung, dan dua cincin besar disekeliling lensa. Detail yang membedakan hanyalah logo HMD di belakang yang menunjukkan ini adalah produk HMD.

Soal spesifikasi, HMD Pulse kabarnya menawarkan layar HD plus berukuran 6,56 inci (16 cm) dan baterai yang berkapasitas 5.000 mAh. Varian ini juga bakal hadir dengan kamera 13 MP di bagian belakang dan tersedia dalam piliah warna Biru, Hitam, dan Merah Muda.

Sedangkan varian atasnya, HMD Pulse Pro dikabarkan memiliki layar HD plus berukuran 6,56 inci dengan refresh rate 90Hz, dan baterai sebesar 5.000 mAh. Soal kamera, ponsel ini ditawarkan dengan kamera 50 MP di bagian depan dan belakang.

Baca juga: HMD Siapkan HP Lipat Barbie, Rilis Juli 2024

HMD Pulse Pro konon juga bakal ditenagai dengan SoC Unisoc T606, ditemani RAM 6 GB bersama ruang penyimpanan (storage) sebesar 128 GB, dan nantinya ponsel ini bakal dibanderol seharga 179 euro atau sekitar Rp 3 juta.

Jika dibandingkan dengan POCO M6 Pro yang memiliki harga setara, merek ponsel dari China tersebut sudah menawarkan layar Amoled serta refresh rate 120Hz, sehingga spesifikasi ponsel HMD tampak kurang menonjol di segmen harga yang sama.

Meski begitu, perlu diingat bahwa ini masih bocoran saja, boleh jadi nantinya versi yang bakal dipasarkan terlihat sedikit berbeda dan lebih menarik, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DigitalTrends, Jumat (19/4/24)

Dari tadinya Nokia sekarang bikin merek sendiri

Selama ini, HMD dikenal sebagai perusahaan yang memasarkan merek Nokia sejak lisensi merek tersebut dibeli oleh pendiri Foxconn asal Taiwan, Terry Gou pada 2016 silam. Sejumlah ponsel pun sudah dikeluarkan HMD dengan menggunakan merek Nokia.

Baca juga: Skor Benchmark HP Baru HMD Bocor, tapi Bukan Nokia

HMD diketahui pertama kali memproduksi ponsel dengan merek Nokia pada akhir tahun 2016, melalui ponser fitur Nokia 150 dan 150 Dual SIM. Kemudian, di awal tahun 2017, perusahaan tersebut kembali meluncurkan smartphone bermerek Nokia, yakni Nokia 6.

Namun, di tahun 2023 lalu, CEO HMD Global Jean-Francois Baril mengungkapkan melalui akun pribadinya di Linkedin bahwa HMD berencana membuat ponsel di bawah mereknya sendiri.

Meski begitu, Baril tak merinci kapan ponsel merek HMD ini bakal dirilis dan bagaimana nasib merek Nokia nantinya.

“Saya sangat senang mengumumkan tonggak penting dalam evolusi HMD, kami membangun merek HMD asli. Anda bisa melihat portofolio baru perangkat mobile merek HMD serta perangkat Nokia dan kolaborasi dengan mitra baru yang menarik," kata Baril di Linkedin.

Selain ponsel, kabarnya perusahan asal Finlandia itu juga berencana menghadirkan tablet dan earbuds nirkabel dengan HMD sebagai mereknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com