Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Umumkan Copilot+ PC, Standar Baru Laptop Windows AI

Kompas.com - 21/05/2024, 08:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Raksasa teknologi Microsoft resmi mengumumkan kategori laptop bernama Copilot Plus PC, di sebuah acara peluncuran pada Selasa (21/5/2024).

Acara peluncuran ini digelar sebelum konferensi Microsoft Build 2024, yang dijadwalkan pada 21 Mei hingga 23 Mei 2024 waktu setempat.

Copilot Plus PC adalah standar laptop dengan sistem operasi (OS) bikinan Microsoft, Windows, yang ditenagai oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Laptop dengan branding Copilot Plus PC ditenagai hardware yang dirancang untuk menjalankan lebih banyak proses Copilot AI, chatbot AI bikinan Microsoft, secara lokal (on-device) ketimbang bergantung pada awan (cloud).

Baca juga: Mau Pakai AI Microsoft Copilot di Komputer? Ini Syaratnya

Untuk itu, sebuah laptop Copilot Plus PC wajib memiliki neural processing unit (NPU) dengan kinerja minimal 40 TOPS. NPU sendiri bertugas untuk mengolah fungsi-fungsi terkait AI.

Kinerja 40 TOPS ini dimungkinkan dengan penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus berbasis arsitektur prosesor ARM. Nantinya, Copilot Plus PC dengan chipset Intel dan AMD diperkirakan akan menyusul tahun ini.

Laptop Copilot Plus PC juga harus memiliki RAM minimal 16 GB dan media penyimpanan (storage) SSD minimal 256 GB.

"Copilot Plus PC merupakan PC Windows yang paling cepat dan paling siap AI yang pernah dibuat," kata CEO Microsoft Satya Nadella pada acara peluncuran yang dihelat di Redmond, Washington, Amerika Serikat.

Yusuf Mehdi selaku Microsoft EVP dan Consumer Chief Marketing Officer juga mengeklaim bahwa Copilot Plus PC adalah laptop paling kuat sepanjang masa.

Baca juga: Aplikasi Asisten AI Microsoft Copilot Kini Hadir di iPhone dan iPad

Copilot Plus PC disebut 58 persen lebih "ngebut" dibandingkan laptop MacBook Air yang diotaki oleh System-on-Chip (SoC) Apple M3.

Laptop Copilot Plus PC akan menawarkan ketahanan baterai hingga 22 jam untuk pemutaran video lokal, dan hingga 15 jam untuk browsing web.

Hal ini diwujudkan oleh Windows Copilot Runtime yang memiliki lebih dari 40 model AI, yang merupakan bagian dari lapisan Windows 11 baru.

Deretan model AI ini diintegrasikan secara mendalam ke Windows untuk membantu mereka mengakses perangkat secara lebih efisien, serta untuk menenagai opsi privasi dan keamanan yang lebih kuat. Model AI ini dapat bekerja di aplikasi apa pun.

Fitur Copilot Plus PC

Fitur Recall di Copilot Plus PCYouTube Fitur Recall di Copilot Plus PC
Microsoft juga mengumumkan sejumlah fitur kecerdasan buatan yang hanya bisa dimanfaatkan di laptop Copilot Plus PC.

Salah satunya adalah Recall, yakni fitur yang mampu mengingat semua hal yang dilihat dan dilakukan pengguna di perangkatnya. Recall memungkinkan pengguna untuk mencari file, foto, video, dll berdasarkan kata kunci yang diberikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com