Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Foto Profil WhatsApp Orang Lain Tidak Bisa Di-screenshots? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 15/06/2024, 13:35 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Foto profil WhatsApp berguna sebagai pelengkap profil identitas akun WhatsApp pengguna. Hal ini yang memungkinkan pengguna lain mengetahui foto profil atau identitas orang lain.

Tak jarang beberapa pengguna membagikan atau menyimpan foto profil tertentu untuk berbagai kepentingan. Namun bagi beberapa orang hal ini cukup mengkhawatirkan keamanan dan privasi pengguna. 

Inilah yang membuat WhatsApp kini memiliki kebijakan untuk memblokir kemampuan screenshots foto profil WA. Bagaimana penjelasan selengkapnya? Berikut ini rangkumannya.

Baca juga: Cara Membuat Nama di WhatsApp Berwarna dan Ubah Gaya Hurufnya

 

Kenapa tidak bisa screenshot foto profil WhatsApp orang lain?

Dilansir dari KompasTekno, WhatsApp secara resmi memblokir kemampuan fitur screenshots foto profil pengguna lain.

Pemblokiran screenshots terhadap foto profil pengguna lain ini berlaku untuk gambar berukuran penuh, yakni yang diakses dengan cara membuka profil kontak pengguna lain, lalu klik gambar foto.

Adapun pemblokiran foto profil ini dilakukan sebagai upaya WhatsApp melindungi data pribadi penggunanya.

Dengan memblokir kemampuan screenshots, hal ini dapat meminimalisir kejahatan siber dalam mencuri dan menyebarkan foto profil orang lain secara tidak bertanggung jawab.

Sebagaimana percobaan KompasTekno, saat mencoba mengambil screenshot foto profil pengguna WA lain, maka muncul pemberitahuan di bagian bawah layar dengan keterangan "Tidak dapat mengambil gambar layar karena kebijakan keamanan".

Meskipun demikian, pemblokiran screenshot tidak berlaku untuk foto profil yang dipasang di grup WA. Screenshot masih bisa dilakukan jika foto profil dibuka lewat tab “Chat”.

Artinya, foto yang bisa diakses dengan cara mengeklik langsung foto ptofil di tab "Chat", tanpa perlu membuka profil pengguna lebih dulu, masih bisa di-screenshots.

Namun ukuran dan resolusi gambar ini lebih kecil dibanding membuka foto lewat laman profil terlebih dahulu.

Screenshots juga tetap bisa dilakukan pada halaman profil pengguna lain yang memuat informasi seperti nomor telepon, dokumen dan media yang pernah dikirim, serta pengaturan kustomisasi pengguna tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa pemblokiran kemampuan screenshots foto profil WA kini masih hanya bisa dilakukan di WA versi Android.

Percobaan ini dilakukan di ponsel HP Android Xiaomi Redmi Note 10S dengan versi WhatsApp 2.24.11.79. Sedangkan hingga artikel ini dibuat, WhatsApp iOS masih belum bisa memblokir kemampuan screenshots foto profil.

Maka dari itu agar tetap menjaga keamanan privasi, Anda bisa melakukan pengaturan khusus terhadap visibilitas foto profil dengan membatasi kontak-kontak mana saja yang bisa melihat foto Anda.

Cara membatasi kontak tertentu untuk melihat foto profil Anda bisa disimak pada artikel berikut ini “3 Cara Membuat Foto Profil WhatsApp Kosong dengan Mudah”.

Baca juga: Cara Hapus Foto dan Video yang Menumpuk di Grup WhatsApp

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com