Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Luncurkan Laptop Surface Copilot Plus PC Pertama dengan Chip Snapdragon X Series

Kompas.com - 21/05/2024, 10:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Microsoft meluncurkan laptop baru dari lini seri Surface, Selasa (21/5/2024). Laptop baru Microsoft ini tak lagi memakai penamaan numerik seperti sebelumnya dan hanya disebut Surface Laptop.

Laptop Surface generasi ke tujuh ini hadir dengan chipset Qualcomm, lain dengan Surface Laptop 6 yang rilis Maret lalu, ditenagai Intel Core Ultra.

Selama ini, lini laptop Surface selalu ditenagai prosesor dari Intel atau AMD. Ini kali pertama laptop Surface ditenagai chip dari Qualcomm.

Dengan dukungan chip Qualcomm Snapdragon X Series, Microsoft berharap laptop barunya ini bisa menyaingi MacBook besutan Apple.

Baca juga: Microsoft Rilis Surface Laptop Go 3, Layar Touchscreen Besar dan Lebih Ringan

Laptop ini juga menjadi lini Copilot Plus PC pertama yang dirilis Microsoft, bersamaan dengan peluncuran model Surface Pro. Copilot Plus PC adalah standar laptop dengan sistem operasi (OS) bikinan Microsoft, Windows, yang ditenagai oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Spesifikasi Surface Laptop

Surface Laptop generasi baru hadir dalam dua opsi ukuran layar, yaitu 13,8 inci dan 15 inci. Keduanya didukung refresh rate 120 Hz, Dolby Vision IQ, kecerahan 600 nit serta color gamut P3.

Selain perbedaan layar, Microsoft juga memasangkan prosesor yang berbeda pada dua model laptop ini. Laptop Surface 13,8 inci berjalan dengan prosesor Snapdragon X Elite, sedangkan model 15 inci ditenagai Snapdragon X Plus.

Prosesor itu dipadukan dengan RAM sampai 64 GB serta penyimpanan sampai 1 TB.

Microsoft mengeklaim laptop generasi baru ini 86 persen lebih kencang dibanding Surface 5. Daya tahannya juga lebih baik, dengan kemampuan pemutaran video lokal 20-22 jam.

Laptop ini juga dibekali kamera 1080p yang didukung fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Misalnya untuk memburamkan background saat melakukan penggilan video, memfilter noise background, dan filter menarik lainnya.

Baca juga: Microsoft Umumkan Copilot+ PC, Standar Laptop dengan Dukungan AI

Microsoft Surface Laptop gen 7Microsoft Microsoft Surface Laptop gen 7

Laptop ini berjalan dengan sistem operasi Windows 11 dan didukung fitur AI seperti Recall, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna mencari informasi termasuk dokumen hingga folder lewat asisten AI, Copilot.

Microsoft menyebut laptop ini sebagai "Copilot Plus PC" berkat neural processing unit (NPU) yang mengotaki Windows 11. Selain fitur di atas, fitur AI lainnya yang didukung laptop ini, yaitu fitur terjemah langsung sampai tiga bahasa sekaligus ketika melakukan penggilan video.

Microsoft mengeklaim fitur itu hanya bisa dijalankan oleh laptop dengan standar Copilot Plus PC.

Urusan konektivitas, Microsoft menyematkan dua port USB-C dan satu port USB-A 3.1. Tersedia pula colokan audio 3,5 mm untuk mengakomodasi pemutaran musik dan konten lainnya lewat earphone/headphone.

Sementara itu untuk pengisian ulang daya baterainya, Surface Laptop 13,8 inci mendukung output 39 watt dan 65 watt untuk model 15 inci, dilansir dari The Verge, Selasa (21/5/2024).

Baca juga: Microsoft Perkenalkan Surface Laptop Studio 2, Kini dengan Chip AI

Harga Surface Laptop

Laptop ini hadir dalam warna Black dan Platinum. Khusus model 13,8 inci tersedia pula dalam warna Dune dan Sapphire.

Surface Laptop sudah bisa dipesan dan akan mulai dikirimkan pada 18 Juni 2024. Rincian harga Surface Laptop sebagai berikut:

  • Surface Laptop 13,8 inci - mulai 999 dollar AS (sekitar Rp 16 juta)
  • Surface Laptop 15 inci - mulai 1.299,99 dollar AS (sekitar Rp 20,8 juta)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com