Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canva Umumkan Deretan Fitur Baru Berbasis AI, Bikin Desain Jadi "Sat Set"

Kompas.com - 30/05/2024, 09:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform desain online, Canva, meluncurkan sejumlah fitur baru yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Aneka fitur itu diumumkan lewat acara bertajuk Canva Create yang digelar di Los Angeles pada Kamis (23/5/2024) lalu.

Pembaruan ini bahkan bisa dibilang merupakan perombakan dari Canva versi sebelumnya.

"Kami sangat antusias memperkenalkan pengalaman Canva yang diperbarui dan serangkaian produk baru untuk memberdayakan setiap organisasi dalam mendesain," kata salah satu pendiri dan CEO Canva, Melanie Perkins dalam sebuah pernyataan.

Beberapa di antara fitur tersebut seperti fitur pengeditan yang didesain ulang, hingga peningkatan fitur yang sudah ada sebelumnya.

Semua pembaruan ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas hingga kreativitas pengguna. Berikut beberapa fitur baru di Canva yang kini didukung AI untuk mempercepat dan memudahkan desainer grafis maupun editor video.

Baca juga: Canva Enterprise Meluncur, Platform Desain Grafis Khusus untuk Pengguna Kantoran

Highlights di video editor

Canva memperbarui Video Editor dengan menghadirkan fitur Highlights, yang akan mempermudah dan mempercepat pengguna memotong bagian video yang menarik dan penting.canva Canva memperbarui Video Editor dengan menghadirkan fitur Highlights, yang akan mempermudah dan mempercepat pengguna memotong bagian video yang menarik dan penting.

Selain gambar, Canva juga menyediakan fitur edit video. Nah, di Canva versi baru, tersedia fitur "Highlights" yang memungkinkan pengguna menentukan beberapa potongan video untuk dijadikan sebagai cuplikan atau teaser.

Cuplikan tersebut kemudian bisa dijadikan konten untuk dibagikan ke platform lainnya.

Berkat AI, Canva versi baru juga bisa menghilangkan noise di latar belakang video hanya dengan satu klik, lewat fitur yang disebut "Enhance voice".

Magic media

Canva meluncurkan serangkaian fitur berbasis AI lewat Magic Studio pada Oktober tahun lalu. Lewat Canva Create, Canva menambahkan fitur baru di Canva Studio, yakni fitur Text to Graphic.

Seperti namanya, fitur Text to Graphic memungkinkan pengguna membuat gambar grafik yang menarik hanya lewat perintah teks. Pengguna cukup memsukkan prompt teks, lalu AI akan memproses perintah tersebut untuk menghasilkan grafis dalam waktu sekejap.

Fitur baru Canva, Text to GraphicCanva Fitur baru Canva, Text to Graphic

Bila menginginkan grafis dengan tambahan visual lain, pengguna hanya perlu menyertakan perintah teks yang detail. Contohnya "Bumi dengan pohon dan hati", sehingga Canva menghasilkan gambar bumi disertai pepohonan dan ikon hati.

Baca juga: Cara Ganti Warna Background Foto di Canva, Mudah dan Cepat

Menambahkan desain visual ke dokumen

Sekarang pengguna bisa menambahkan berbagai jenis media ke fitur dokumen di Canva, alias Canva Docs.

Berbagai media didukung di Canva Docs, mulai dari grafik, animasi atau karya desain yang sudah dibuat lewat Canva sebelumnya. Pengguna juga bisa menyoroti teks tertentu dengan memberikan label warna khusus.

Dengan begitu, muatan di dokumen akan terlihat lebih menarik dan interaktif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com