Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Canva yang Bisa Digunakan untuk Media Pembelajaran Sekolah

Kompas.com - 25/02/2024, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Canva merupakan platform desain grafis online yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis materi desain, termasuk poster, pamflet, spanduk, kartu ucapan, media sosial, presentasi, dan banyak lagi.

Platform ini didesain untuk memudahkan pengguna yang tidak memiliki keterampilan desain grafis yang mendalam agar dapat membuat konten visual yang menarik dengan mudah. Canva juga  memiliki berbagai template yang bisa dimanfaatkan untuk media pembelajaran.

Fitur-fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin memanfaatkan Canva media pembelajaran yang lebih menarik,  Lantas fitur-fitur apa saja yang bisa digunakan untuk membantu proses pembelajaran di sekolah? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Cara Bikin Presentasi di Canva dengan Berbagai Desain, Praktis dan Cepat

Template presentasi berbagai macam

Slide presentasi CanvaCanva Slide presentasi Canva

Anda dapat membuat presentasi yang menarik dengan menggunakan template presentasi Canva, menambahkan teks, gambar, grafik, dan ikon untuk membuat materi ajar lebih visual dan menarik.

Pengguna bisa menggunakan template presentasi berbagai macam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Misalnya template presentasi untuk materi, skripsi, thesis, proposal, dan lain sebagainya.

Template Infografis

Ilustrasi Canva InfografisCanva Ilustrasi Canva Infografis

Fitur infografis di Canva memungkinkan pengguna untuk membuat visualisasi informasi yang menarik dan mudah dipahami. Infografis adalah representasi grafis dari data atau informasi kompleks yang disajikan dalam format yang lebih ringkas dan mudah dicerna.

Selain itu pengguna juga dapat menambahkan grafik dan diagram untuk memvisualisasikan data numerik. Canva menyediakan berbagai jenis grafik, seperti batang, lingkaran, dan garis, yang dapat diisi dengan data untuk menjelaskan konsep atau tren.

Template Mind Maps

Ilustrasi mind mapscanva Ilustrasi mind maps

Mind map atau peta konsep adalah representasi visual dari ide, konsep, atau informasi yang disusun hierarkis dan terhubung. Mind map biasanya dimulai dari suatu gagasan pusat atau topik utama yang ditempatkan di tengah, dan dari sana, cabang-cabang ditarik ke luar untuk mencakup subtopik atau konsep-konsep terkait.

Canva juga memiliki template mind maps yang bisa digunakan pelajar untuk merepresentasi ide dan konsep.

Fitur Whiteboards

Fitur papan tulis CanvaCanva Fitur papan tulis Canva

Fitur Whiteboards dalam Canva adalah alat bantu papan tulis online gratis yang memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dan menuangkan ide secara visual dengan tim atau kelas.

Beberapa manfaat fitur Whiteboards antara lain, membantu Anda berpikir lebih kreatif dan visual. Menyederhanakan proses brainstorming dan penyelesaian masalah, serta membuat presentasi yang lebih menarik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com