Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Play Store Akan Ingatkan Pengguna untuk Buka Aplikasi yang Sudah Di-download

Kompas.com - 09/06/2024, 19:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Ponsel dengan sistem operasi (OS) Android memiliki toko aplikasi Google Play Store, yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh berbagai macam aplikasi produktivitas, hiburan, game dengan sekali ketuk.

Proses mengunduh (download) aplikasi yang mudah ini kadang membuat pengguna lupa bahwa mereka sudah mengunduh aplikasi tertentu.

Melihat hal ini, Google mulai menguji coba fitur baru yang mengingatkan pengguna untuk membuka aplikasi yang sudah diinstal.

Fitur baru bernama "Open app reminders" ini ditemukan dalam penggalian kode aplikasi Google Play Store versi 41.2.21. Cara kerjanya, fitur ini akan memberikan notifikasi apabila pengguna belum membuka aplikasi yang diunduh setelah jangka waktu 24 jam.

Notifikasi untuk aplikasi yang belum dibuka berbunyi "Your app is installed and ready to open" (Aplikasi Anda sudah diinstal dan siap dibuka), sedangkan notifikasi untuk game yang belum dibuka adalah "Your game is installed and ready to play" (Game Anda sudah diinstal dan siap dimainkan).

Baca juga: Cara Cek Penggunaan Data Internet di HP Android, Bisa Cek Aplikasi Mana yang Boros Data

Contoh notifikasi tersebut bisa dilihat di gambar bawah ini. Pengguna bisa mengatur apakah ponsel akan bergetar (vibrate) ketika mendapatkan notifikasi pengingat itu.

Fitur baru Google Play Store bernama Open app reminders. Fitur ini bakal mengingatkan pengguna untuk membuka aplikasi yang baru diunduh.GizChina Fitur baru Google Play Store bernama Open app reminders. Fitur ini bakal mengingatkan pengguna untuk membuka aplikasi yang baru diunduh.
Nantinya Google Play Store akan mengirimkan notifikasi pengingat kedua apabila notifikasi pertama diabaikan oleh pengguna.

Baris kode aplikasi tersebut menunjukkan bahwa jumlah maksimal notifikasi yang dikirimkan adalah dua. Dengan begitu, pengguna tidak akan dibanjiri oleh notifikasi, dan pada saat yang sama tetap mendapatkan dorongan untuk menjelajahi aplikasi yang telah diunduh.

Fitur ini bisa dibilang sangat berguna bagi pengguna yang biasanya mengunduh aplikasi via koneksi Wi-Fi, misalnya Wi-Fi di kantor. Dalam momen seperti ini, pengguna biasanya tidak menyadari proses download sudah selesai, karena sibuk melakukan hal lain.

Fitur Open app reminders juga bisa mendorong pengguna untuk mencoba aplikasi baru dan membersihkan perangkatnya. Jadi, media penyimpanan (storage) perangkat terbebas dari sejumlah aplikasi yang tidak pernah dimanfaatkan pengguna.

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, fitur ini masih dalam tahap uji coba. Akan tetapi, sejumlah pengguna sudah menemukan fitur ini di aplikasinya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizChina, Minggu (9/6/2024).

Artinya, Google sedang menggelontorkan fitur baru ini secara bertahap kepada semua pengguna. Namun, Google belum mengonfirmasi kehadiran fitur ini dan kapan tanggal rilis pastinya.

Pantauan KompasTekno sejumlah perangkat yang kami gunakan juga belum kebagian fitur baru Google Play Store ini.

Baca juga: 90 Aplikasi Berbahaya Ditemukan di Google Play Store, Sudah Diunduh Jutaan Kali

Bisa download dua aplikasi sekaligus

Pengguna ponsel di Android juga bisa mengunduh dua aplikasi secara bersamaan di Google Play Store.

Sebelumnya, hal tersebut tidak bisa dilakukan, lantaran Play Store hanya mengizinkan pengguna mengunduh satu aplikasi saja dalam satu proses download.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Senin (29/4/2024) pagi, fitur yang konon bernama "Parallel Download" ini sudah bisa dilakukan di Google Play Store versi 40.6.31.

Bisa dilihat pada gambar di bawah, kami bisa mengunduh game Free Fire dan satu game lainnya, yaitu Geng Motor Multiplayer secara bersamaan.

Ilustrasi dua aplikasi di Google Play Store yang kini bisa di-download bersamaan.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi dua aplikasi di Google Play Store yang kini bisa di-download bersamaan.
Sepengalaman kami juga, fitur Parallel Download ini hanya bisa mengunduh maksimal dua aplikasi secara bersamaan saja, tidak lebih.

Sebab, jika pengguna mengunduh aplikasi ketiga, proses download aplikasi tersebut akan ditunda dan berstatus "Pending".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com