Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keunggulan Chipset Snapdragon 8s Gen 3 di HP Poco F6

Kompas.com - 19/06/2024, 14:21 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Poco Indonesia resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, Poco F6 di Tanah Air, Rabu (19/6/2024).

Smartphone ini mengunggulkan chipset Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 yang baru dirilis pada Maret 2024 lalu. Ini menjadi pertama kalinya lini ponsel Poco ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Snapdragon 8s Gen 3.

Chipset ini menawarkan sejumlah fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan vendor HP bagi penggunanya. KompasTekno pun mempelajari sederet fitur tersebut lewat acara Poco F6 Workshop yang dihelat di Tulum Jakarta pada Rabu (19/6/2024).

Menjalankan model AI

Chipset Snapdragon 8s Gen 3 memiliki kemampuan untuk menjalankan model kecerdasan buatan generative (generative artificial intelligence/AI).

Baca juga: Duel HP Murah Harga Rp 1 Jutaan: Poco C65 Vs Vivo Y03, Mending Mana?

AI generatif merupakan algoritma deep-learning yang bisa membuat konten seperti teks, gambar, musik, audio, dan video.

Salah satu pemanfaatannya adalah photo expansion, yang memungkinkan pengguna untuk memperluas (expand) gambar yang dipotret. Kecerdasan buatan melakukan pemrosesan sehingga latar belakang atau pemandangan gambar bikinannya "nyambung" dengan gambar aslinya.

"Kita seolah-olah mengambil gambar dengan kamera ultra wide, meskipun sebenarnya kita memotret dengan lensa biasa," kata Dominikus Susanto selaku Senior Manager di Qualcomm di Poco F6 Workshop.

"Fitur seperti ini membutuhkan generative AI dengan kemampuan AI yang tinggi," sambungnya.

Pemrosesan AI ini dijalankan dalam perangkat alias on-device. Artinya, pemrosesan AI tidak dikirim dulu ke server atau cloud yang berpotensi kurang aman.

Dominikus Susanto, Senior Manager Qualcomm menjelaskan fitur ray tracing di chipset Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Dominikus Susanto, Senior Manager Qualcomm menjelaskan fitur ray tracing di chipset Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3.

Performa mirip dengan Snapdragon 8 Gen 3

Dominikus mengatakan bahwa performa chipset Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 mirip dengan "kakaknya", yakni Snapdragon 8 Gen 3.

Hal ini dikarenakan Snapdragon 8s Gen 3 mengandalkan satu inti prime berkecepatan 3 GHz, empat inti untuk menunjang performa dengan kecepatan clock 2,8 GHz, serta tiga inti hemat daya berkecepatan 2 GHz.

Di sisi lain, Snapdragon 8 Gen 3 yang debut pada 2023 memiliki satu inti prime berkecepatan 3,3 GHz, lima inti performa berkecepatan 3,2 GHz, dan dua inti hemat daya dengan kecepatan clock 2,3 GHz.

Baca juga: Snapdragon 8s Gen 3 Bawa Tiga Fitur AI Qualcomm Ini ke Ponsel

"Tidak begitu jauh (konfigurasi CPU-nya). Jadi tidak berasa Snapdragon 8s Gen 3 lebih lamban daripada Snapdragon 8 Gen 3," kata Dominikus.

Kamera mendukung AI

Snapdragon 8s Gen 3 dibekali teknologi triple Image Signal Processor (ISP) 18-bit Qualcomm Spectra. ISP sendiri adalah bagian dari chipset yang dikhususkan untuk mengurus segala hal terkait kamera.

Ada sebanyak tiga ISP di chip Snapdragon 8s Gen 3 yang bekerja sama dengan AI untuk mengolah gambar yang didapat dari lensa dan sensor, sehingga hasil foto menjadi lebih maksimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com