Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral soal Elaelo sebagai Pengganti X/Twitter di Indonesia, Begini Faktanya

Kompas.com - 19/06/2024, 13:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari belakangan ini, media sosial X (dulu Twitter) gaduh dengan kemunculan platform media sosial baru bernama “elaelo”. Platform yang beralamatkan di elaelo.id ini ramai disebut warganet sebagai pengganti X.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, keramaian soal elaelo di X mulai muncul pada sekitar 16 Juni kemarin. Namun, di perpustakaan digital non-profit Internet Archieve, alamat URL elaelo.id sudah terindeks sejak 5 Maret 2024.

Baca juga: Kementerian Kominfo: Situs Elaelo Pengganti X/Twitter Bukan Buatan Pemerintah

Fakta-fakta soal elaelo

Hingga kini, elaelo viral menjadi bahan perbincangan warganet. Perbincangan itu mulai dari bentuk platform, fitur, dan aktor yang membuatnya. Namun, di balik ramainya perbincangan tersebut, ada beberapa fakta soal elaelo yang tengah ramai ini.

Klaim sebagai medsos lokal pengganti Twitter

Untuk diketahui, elaelo saat ini sudah tidak dapat diakses. Sebelumnya, pengguna bisa login ke elaelo layaknya masuk ke platform media sosial, yang membutuhkan akun dan password. Sebelum tidak dapat diakses, halaman awal elaelo memiliki background hitam.

Background dihiasi dengan gambar sosok bertopeng. Kemudian, terdapat kolom untuk mengisi informasi login. Di kolom itu, terdapat pula logo Garuda Pancasila. Adapun bentuk tampilan awalnya adalah sebagai berikut.

Tangkapan layar tampilan awal web elaelo.id saat masih menyerupai kolom login X/Twitter.X/@ AdityaDees Tangkapan layar tampilan awal web elaelo.id saat masih menyerupai kolom login X/Twitter.

Website elaelo dengan tampilan seperti itulah yang ramai diperbincangkan warganet di medsos. Elaelo mengeklaim sebagai media sosial (medsos) lokal pengganti X. Klaim ini pun dipajang di halaman awal website elaelo, seperti yang tertera pada gambar di atas.

Disebut mirip X

Saat masih bisa diakses, banyak warganet yang mengaku telah mencoba elaelo. Salah satunya seperti akun dengan handle @illegalmoves, yang membagikan pengalamannya dalam menggunakan elalo di medsos X.

Akun tersebut membagikan tangkapan layar tampilan internal platform elaelo. Dari tangkapan layar itu, elaelo diketahui memiliki fitur yang mirip X. Akan tetapi, terdapat sejumlah perbedaan penamaan fitur antara di elaelo dan X.

Misalnya, fitur “Tweet” yang berisi postingan di elaelo memiliki nama “Lambe”. Kemudian, fitur “Follower” di elaelo memiliki nama Sedulur, sedangkan fitur “Following” memiliki nama “Ngikuti Dulur”.

Baca juga: Kementerian Kominfo Ancam Blokir X Twitter

Sudah tidak dapat dipakai login

Kini, platform elaelo tidak dapat dipakai login. Pengguna tidak bisa lagi masuk ke platform. Selain tidak bisa dipakai login, tampilannya pun jadi berubah. Website elaelo.id tidak lagi memuat kolom untuk memasukkan informasi login.

Tampilan halaman awal elaelo.id saat ini hanya memuat background warna hitam penuh dengan terdapat logo Garuda Pancasila di tengahnya. Kemudian, terdapat tulisan “Ela Elo is Coming, Big Fitur Will be Ready”.

Tampilan situs elaelo terbaru yang kini tidak bisa dipakai buat login.elaelo.id Tampilan situs elaelo terbaru yang kini tidak bisa dipakai buat login.

Tepat di atas tulisan tersebut, terdapat waktu hitungan mundur yang kemungkinan menjadi jadwal kehadiran elaelo. Kemudian, di bawah tulisan “Ela Elo is Coming, Big Fitur Will be Ready”, terdapat tulisan “Iron Dome #Hmei”.

Tidak dapat diketahui secara pasti siapa yang membuat elaelo. Namun, tulisan “Iron Dome #Hmei” yang muncul di halaman awal website elaelo.id merupakan sebuah nama akun terverifikasi di platform elalo.

Nama akun Iron Dome #Hmei yang juga muncul di halaman awal website elaelo.id.X/@illegalmoves Nama akun Iron Dome #Hmei yang juga muncul di halaman awal website elaelo.id.

Selain tulisan-tulisan dan gambar Garuda Pancasila, halaman awal situs elaelo.id juga menampilkan tombol untuk memutar audio. Saat tombol audio itu diklik, situs bakal memutar lagu Garuda Pancasila.

Muncul berbarengan dengan ancaman pemblokiran X

Kemunculan elaelo ini hampir bersamaan dengan keluarnya ancaman pemblokiran X yang disampaikan pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo). Untuk diketahui, Kominfo mengancam akan memblokir platform buatan Elon Musk itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com