Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poco Siap Rambah Bisnis Tablet Android?

Kompas.com - 18/03/2024, 19:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Poco selama ini dikenal sebagai sub-merek dari Xiaomi yang menelurkan smartphone "gaming" dengan harga terjangkau. Namun, laporan baru menunjukkan bahwa Poco bakal menjajaki produk tablet.

Indikasi rencana Poco merambah pasar tablet terlihat dari situs sertifikasi Eurasian Economic Commission (EEC) Eropa. Di situs itu, tercantum produk bernama "Tablet brand POCO model". Perangkat itu belum memiliki nama resmi, tetapi punya nomor model 2405CPCFBG.

Tablet Poco muncul di situs sertifikasi Eropa EECEEC Tablet Poco muncul di situs sertifikasi Eropa EEC

Situs EEC juga menunjukkan bahwa perangkat itu diproduksi oleh Xiaomi. Sayangnya situs itu tidak memberikan bocoran informasi lainnya, termasuk soal spesifikasi tablet Poco tersebut.

Kendati demikian, hal ini menjadi indikasi kuat bahwa Poco akan memperluas lini produknya ke perangkat tablet.

Bocoran ini juga menjadi bocoran pertama dari tablet Poco. Jadi, informasi soal perangkat ini masih sangat minim.

Baca juga: Poco X6 Neo 5G Resmi, HP Kembaran Redmi Note 13R Harga Rp 3 Jutaan

Jadwal rilis tablet Poco juga belum terungkap. Namun bila ditilik dari nomor modelnya yang mencantumkan angka 2405, ada kemungkinan tablet ini meluncur pada bulan Mei tahun ini, dihimpun KompasTekno dari Notebook Check, Senin (18/3/2024).

Huruf "G" pada nomor model tablet ini juga menjadi indikasi bahwa perangkat ini bakal dirilis global.

Menilik riwayat produk Poco sebelumnya, tablet Poco ini mungkin saja adalah rebranding dari tablet Xiaomi atau Redmi yang sudah ada sebelumnya. Namun bisa saja Poco juga meluncurkan tablet yang berbeda dari dua "saudara jauhnya" itu.

Ikuti Redmi?

Poco bisa dibilang sebagai satu-satunya sub-brand Xiaomi yang belum menelurkan produk tablet. Pasalnya, sub-brand Xiaomi lainnya seperti Redmi sudah meluncurkan beberapa model tablet ke pasaran termasuk di Indonesia.

Tablet terbaru Redmi saat ini yaitu Redmi Pad SE, dirilis di Indonesia pada September 2023. Tidak hanya tablet, Xiaomi di bawah merek Redmi juga merilis produk lain termasuk laptop.

Baca juga: Unboxing Poco X6 Pro 5G, Ponsel Pertama Poco dengan HyperOS

Sementara, lini produk Poco lebih terbatas dibanding Redmi, mencakup produk smartphone, true wireless stereo (TWS) dan smartwatch. Boleh jadi, Poco mencoba peruntungannya merambah ke produk tablet mengikuti langkah Redmi.

Adapun pihak Poco belum memberikan informasi apa pun soal rencana perusahaan merambah produk tablet. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com