Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Huawei MatePad SE 11 Resmi, Spek Naik Kelas dan Didukung Stylus

Kompas.com - 10/06/2024, 12:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei meluncurkan lini tablet budget alias murah "MatePad SE" pertama kali pada 2022, lewat peluncuran MatePad SE 2022.

Selang dua tahun, Huawei akhirnya menelurkan penerus MatePad SE 2022, dengan merilis tablet "MatePad SE 11" secara global baru-baru ini.

Sebagai suksesor, MatePad SE 11 membawa sejumlah upgrade atau peningkatan seperti layar yang lebih besar, resolusi kamera yang lebih tinggi, kapasitas baterai lebih besar, dan dukungan pena digital (stylus).

Baca juga: Menjajal Langsung Huawei MatePad 11.5S PaperMatte Edition, Tablet yang Tipis dan Ringkas

Spesifikasi Huawei MatePad SE 11

Sesuai namanya, Huawei MatePad SE 11 kali ini hadir dengan layar IPS LCD 11 inci. Ukuran layar ini lebih besar dibandingkan MatePad SE 2022 yang berukuran 10,4 inci.

Layar MatePad SE 11 mendukung resolusi Full HD Plus (1.920 x 1.200 piksel), tingkat kecerahan puncak 400 nits, dan rasio aspek 16:10. Layar tablet budget ini memiliki rasio layar ke bodi yang ditingkatkan ke 85 persen. Artinya, bezel layar tablet makin tipis dari versi sebelumnya.

Untuk kamera, Huawei MatePad SE kini dibekali kamera utama (belakang) 8 MP dan kamera depan 5 MP. Konfigurasi kamera tersebut naik kelas dibandingkan kamera MatePad SE 2022 yang beresolusi 5 MP (kamera belakang) dan 2 MP (kamera depan).

MatePad SE 11 dibekali kapasitas baterai 7.700 mAh, lebih besar dari model sebelumnya (5.100 mAh). Tablet ini didukung pengisian cepat

Salah satu peningkatan paling signifikan adalah dukungan stylus M-PenLite. Ini pertama kalinya Huawei membawa kemampuan pengoperasian dengan stylus ini ke lini tablet budget MatePad SE.

Dengan stylus M-Pen Lite, pengguna bisa menulis, menggambar, dan lainnya langsung di layar.

Huawei MatePad SE 11 mendukung stylus M-Pen Lite untuk menulis, menggambar, dll.Huawei Huawei MatePad SE 11 mendukung stylus M-Pen Lite untuk menulis, menggambar, dll.
Situs Huawei global tidak merinci chipset yang ditanamkan di MatePad SE 11. Namun, tablet ini diyakini ditenagai chipset Kirin 710A atau Qualcomm Snapdragon 680. Tablet ini hadir dengan opsi RAM 4/6/8 GB dengan penyimpanan media 64/128 GB.

Baca juga: Huawei Umumkan Tablet MatePad 11.5S dan 11.5S PaperMatte Edition, Bawa Layar 144 Hz

Huawei MatePad 11 menjalankan sistem operasi HarmonyOS 2.0. Karena tidak menjalankan sistem operasi Android, maka tablet ini tidak dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS) secara bawaan.

Dengan begitu, tablet ini tidak bisa mengunduh aplikasi dari Google Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Sebagai ganti Google Mobile Services, ponsel Huawei ini mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi bernama Huawei AppGallery.

Fitur pendukung lain yang dibawa Huawei MatePad 11 meliputi Bluetooth 5.1, USB Type-C, quad speaker, fitur multi-window, screen sharing, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Huawei global, Senin (10/6/2024).

Saat ini, Huawei belum mengumkan harga dan ketersediaan MatePad di pasar global. Untuk gambaran, Huawei MatePad SE 2022 dijual seharga Rp 2,8 juta di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com