Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Peta Nokia Hilang dari Toko Apple

Kompas.com - 27/12/2013, 18:17 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Nokia diam-diam menarik aplikasi peta digital Here Maps dari toko aplikasi online Apple App Store. Hal ini dikarenakan pembaruan sistem operasi iOS 7 untuk iPhone, iPad, dan iPod Touch, tidak memberi pengalaman terbaik untuk pengguna Here.

Kepada The Indian Express, juru bicara Nokia mengakui pencabutan ini dilakukan sejak awal Desember 2013. "Kami telah membuat keputusan untuk menghapus aplikasi Here Maps dari Apple App Store karena perubahan pada sistem operasi iOS 7 yang membahayakan pengalaman pengguna," katanya dalam sebuah pernyataan.

Selanjutnya, pengguna perangkat iOS tetap bisa memakai Here dengan mengakses m.here.com melalui browser, begitu juga dengan pengguna Android dan pengguna komputer pribadi. Here versi situs web bisa digunakan untuk pencarian lokasi, routing, pengarahan, informasi transit, dan sebagainya.

Sejak Apple merilis sistem operasi iOS 7 pada September 2013, aplikasi Here mengalami gangguan dan sangat mengganggu kenyamanan pengguna. Kini, aplikasi Here hanya tersedia untuk perangkat berbasis Windows Phone dan Nokia Asha.

Here merupakan salah satu dari tiga unit bisnis yang masih berada langsung di bawah Nokia Group, setelah Microsoft mengakuisisi unit bisnis ponsel dan layanan Nokia pada September 2013 senilai 7,2 miliar dollar AS.

Selain Here, Nokia Group yang berbasis di Espoo, Finlandia, juga masih mengelola unit bisnis pengembangan teknologi (Advanced Technologies), serta infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi (Nokia Solutions and Networks/NSN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com