Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TV Layar Lengkung Samsung Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 21/02/2014, 07:18 WIB
Deliusno

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Samsung memperkenalkan TV beresolusi UHD layar lengkung, seri U9000, untuk pertama kalinya pada ajang Consumer Electronics Show pada Januari lalu. Tiga bulan setelah perkenalan tersebut, Samsung telah menyatakan kesiapannya untuk memasarkan produk tersebut di Indonesia.

Ya, sekitar bulan April 2014, Samsung akan merilis perangkat TV UHD pertama yang dilengkapi dengan layar lengkung ini. Sayangnya, pihak Samsung masih belum bisa membocorkan harga dari perangkat ini.

"Kami masih belum menentukan harga dari TV UHD layar lengkung seri U9000 di Indonesia," kata Ubay Bayanudin, Product Marketing Manager PT Samsung Electronics Indonesia, di sela-sela acara Samsung Forum 2014, Kamis (20/4/2014).

Seri U9000 sendiri sebenarnya hadir dalam empat pilihan bentang layar, yaitu 105 inci, 78 inci, 65 inci, dan 55 inci. Namun, Samsung tampaknya hanya akan memasarkan tiga ukuran layar saja di Indonesia.

"TV berukuran 105 inci belum direncanakan untuk hadir di Indonesia," ucap Ubay.

Resolusi yang didukung oleh perangkat ini termasuk sangat tinggi, yakti 5.120 x 2.160 piksel dengan rasio 21:9. Saat ini, konten film untuk resolusi sebesar itu memang masih belum terlalu banyak.

Menyadari hal tersebut, Samsung telah bekerjasama dengan rumah produksi FOX dan Paramount Pictures untuk menghadirkan film-film yang tersedia secara gratis. Film tersebut nantinya akan tersimpan dalam sebuah hard disk, yang dikatakan akan masuk ke dalam paket penjualan atau bundling dari TV UHD tersebut.

Apa alasan Samsung membuat TV dengan layar lengkung? Menurut Samsung, tipe display ini meningkatkan derajat viewing angle dan tingkat kontras ketika dilihat dari posisi yang berbeda-beda. Dipandang dari sudut manapun, klaim Samsung lagi, tampilan di TV ini akan tetap terlihat bagus.

Samsung pun tak sembarangan membengkokkan layar. Televisi ini disebut menerapkan lengkungan optimal "4200R" sehingga memberikan kualitas tampilan terbaik ketika ditonton dari jarak 4,2 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com