Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Desain Duo Galaxy S6

Kompas.com - 09/03/2015, 08:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Samsung Galaxy S6 Edge sedang dipamerkan dalam Samsung Unpacked 2015 yang digelar sehari sebelum Mobile World Congress 2015 di Barcelona, Spanyol.

KOMPAS.com - Cair dan dinamis, itulah konsep desain yang diterapkan Samsung pada duet ponsel andalan barunya, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Kedua perangkat yang sebelumnya dikenal dengan nama “Project Zero” tersebut memang menyajikan rancangan baru yang fluid.

Konsep fluid itu pula yang terlihat dalam perjalanan ke Barcelona, Spanyol, yang diikuti wartawan Kompas Tekno, Oik Yusuf, bersama rombongan jurnalis dari Indonesia, menjelang kemunculan perdana Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge minggu ini.

Bridge Pavilion

 
Bermula dari Bridge Pavilion di kota Zaragoza, tanda-tanda desain Galaxy S6 dan S6 Edge sudah mulai terasa. Bridge Pavilion adalah bangunan tertutup kombinasi jembatan dan paviliun yang membelah sungai Ebro.
 
Bridge Pavilion yang dirancang oleh arsitek internasional Zaha Hadid biasa digunakan sebagai jembatan pejalan kaki sekaligus tempat eksebisi. Tahun 2008, ia berperan sebagai gerbang masuk ke Zaragoza Expo. Desainnya yang fluid dan dinamis mencerminkan tema air dan sustainable development dari expo tersebut.
 
 “Fluid itu tidak kaku, sesuatu yang lebih dinamis dan tergambar seperti sebuah momen,” ujar desainer Alvin Tjitrowirjo yang turut serta dalam rombongan.
 
Iwan Abrory/ Kompas TV
Bridge Pavilion, Zaragoza
Park Guell
 
Dari Bridge Pavilion Zaragoza, perjalanan dilanjutkan ke Park Guell di Kota Barcelona. Tempat ini adalah kompleks taman publik yang dirancang oleh  Antoni Gaudi dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO.

Oik Yusuf/ Kompas.com
Salah satu sudut Park Guell, taman kota rancangan arsitek Antoni Gaudi di Barcelona
Gaudi sang arsitek legendaris kelahiran Spanyol menerapkan elemen desain yang kaya lekukan dan ornamen di taman ini, mulai dari bangku di sekeliling lapangan utama yang meliuk-liuk seperti ular hingga patung salamander “El Drac” yang dihiasi aneka mozaik indah.
 
“Ciri khas Gaudi memang menerapkan rancangan yang tidak kaku dan banyak lekukan,” kata Gonzalo, pemandu yang memberikan penjelasan tentang lokasi Park Guell.
 
Oik Yusuf/ Kompas.com
El Drac, patung salamander berhias mozaik yang menjadi simbol Park Guell
Setelah mengunjungi Park Guell, rombongan bergegas melangkah ke Centre de Convencions Internacional de Barcelona untuk menyambut kedatangan Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge.
 
Purposeful Design
 
Seperti diketahui, kedua perangkat ini ternyata memang menyajikan desain baru yang segar, dinamis dalam balutan cangkang berbahan logam dan kaca. Samsung juga menerapkan elemen desain non-industrial di mana hampir seluruh sudut kedua perangkat dibentuk agar membulat dan tak kaku. 
 
“Galaxy S6 ini sebuah lompatan baru dari sisi teknologi dan desain, sesuatu yang menyegarkan,” komentar Alvin.
 
Senior Manager Global Product Planning Samsung Min Seok Kang mengatakan bahwa desain cantik Galaxy S6 dan S6 Edge tak hanya indah di mata, namun juga memiliki kegunaan dengan konsep “purposeful design”.
Oik Yusuf/KompasTekno
Aneka pilihan warna Samsung Galaxy S6 (atas) dan Galaxy S6 Edge
Misalnya saja, bagian pinggir layar Galaxy S6 Edge yang membulat bisa digunakan untuk menampilkan aneka notifikasi atau daftar kontak.
 
Namun, lagi-lagi segi desain memang menjadi salah satu penekanan utama Samsung pada Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Sebab ini pula pabrikan itu menyajikan kedua perangkat dalam enam pilihan warna yang terinspirasi dari batu dan logam mulia semacam topaz, safir, dan emas. 
 
“Desain adalah hal yang sangat penting karena inilah hal pertama yang akan Anda lihat dari sebuah perangkat,” kata Kang. 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com