Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Galaxy S6, Apple Tinggalkan Samsung

Kompas.com - 20/04/2015, 10:53 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Samsung dan Apple dikenal sebagai lawan yang "mesra". Meski berkompetisi di ranah gadget, Apple selama ini mengandalkan Samsung untuk memproduksi cip yang dipakai di iPhone dan iPad.

Namun, hubungan bisnis itu belakangan dilaporkan merenggang gara-gara Galaxy S6 Edge, smartphone andalan baru dari Samsung yang akan segera memasuki pasaran.

Informasi yang dihimpun Kompas Tekno dari The Inquirer, Senin (20/4/2015), menyebutkan bahwa cip A9 untuk iPhone generasi berikutnya, sebut saja iPhone 7, tidak akan dibuat oleh Samsung, tetapi oleh pabrik lain, yakni Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Cip A9 diproduksi menggunakan teknologi 14 nm, sama dengan cip Exynos 7420 bikinan Samsung yang dipakai oleh Galaxy S6 Edge.

Lantaran tingginya angka permintaan pasar untuk Galaxy S6 Edge, Apple rupanya khawatir Samsung lebih memprioritaskan produksi Exynos 7420 untuk Galaxy S6 Edge sehingga kebutuhan pasokan cip A9 untuk iPhone 7 tak bisa terpenuhi.

Di samping Samsung dan TSMC, ada pabrikan cip lain bernama GlobalFoundries. Namun, Apple memandangnya kurang sesuai karena memiliki kapasitas produksi di bawah ketentuan minimum yang disyaratkan.

Di sisi lain, teknologi fabrikasi 16 nm FinFET Turbo TSMC telah memenuhi kebutuhan Apple soal kapasitas produksi, juga performa cip.

Mengenai A9 sendiri, belum banyak yang diketahui mengenai cip ini meski iPhone 7 dikabarkan bakal segera meluncur menjelang akhir tahun 2015, seperti kebiasaan Apple sebelum-sebelumnya.

Selain cip baru tersebut, iPhone 7 disinyalir akan turut dilengkapi sistem operasi iOS 9 terbaru, berikut sensor kamera generasi terkini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com