Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2015, 15:18 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Danis Darusman, pelanggan Lazada yang mendapati pesanan iPhone 6 Plus miliknya "menjadi" sabun mandi, ditengarai bekerja di perusahaan e-commerce pesaing.

Menurut beberapa bukti yang dikumpulkan oleh KompasTekno, Danis diduga kuat bekerja di situs jual-beli online Elevania.

Salah satu bukti didapat dari situs jejaring sosial LinkedIn milik Danis. Dalam laman situs "CV online" tersebut, Danis menuliskan, saat ini ia bekerja sebagai Merchandise Manager PT XL Planet. Di bagian informasi laman tersebut, terpampang logo Elevania.

Danis menulis bahwa dia telah bekerja di perusahaan tersebut sejak Agustus 2013 lalu atau sudah sekitar 2 tahun.

Sekadar informasi, PT XL Planet merupakan perusahaan joint venture atau kerja sama antara PT XL Axiata dan SK Planet. XL Planet sendiri merupakan pihak pengelola situs www.elevania.co.id.

@danisdarusman ID Card yang diduga milik Danis

Bukti lainnya terletak di video unboxing "iPhone 6 Plus Menjadi Sabun Mandi" yang diunggah oleh Danis sendiri. Dalam video tersebut, seorang pria, yang diduga sebagai Danis, terlihat sedang membongkar sebuah bungkusan di hadapan dua pria.

Nah, si pria pembuka bungkusan itu terlihat memakai name tag atau kartu karyawan dengan logo Elevania.

Berdasarkan konfirmasi di akun Twitter-nya, Danis mengaku bahwa kala itu ia membuka bungkusan tersebut di hadapan tiga perwakilan dari perusahaan ekspedisi RPX.

KompasTekno telah berusaha menghubungi Danis via Twitter untuk mengonfirmasi statusnya sebagai karyawan Elevenia, tetapi belum mendapat respons.

Meski diduga kuat bekerja di perusahaan pesaing, kasus "iPhone 6 jadi sabun" ini tampaknya sama sekali tidak melibatkan nama perusahaan tempat Danis bekerja. Hal tersebut terlihat pada kicauan klarifikasi dari Danis, Selasa (30/6/2015) sore.

"Saya menulis complain kemarin karena pengalaman saya sebagai customer dari @LazadaID," tulis Danis di akun Twitter-nya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com