Facebook Salah Duga, Gadis Cantik Ini Dikira Teroris - Kompas.com

Facebook Salah Duga, Gadis Cantik Ini Dikira Teroris

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 19/11/2015, 08:21 WIB
News.com Akun Facebook Isis Anchalee diblokir karena dikira terkait dengan teroris
KOMPAS.com — Gadis cantik ini bukan teroris atau anggota Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Namun, dia memang memiliki akun Facebook bernama Isis Anchalee yang kemudian diblokir karena dikira terlibat dengan organisasi tersebut.

Seperti diketahui, pascatragedi penembakan dan pengeboman di kota Paris, Perancis, ada ribuan akun media sosial terkait Negara Islam Irak dan Suriah yang diblokir.

Namun, tampaknya Facebook salah mengidentifikasi gadis cantik itu karena namanya yang serupa dengan sebutan bagi kelompok teroris.

Padahal, dia sehari-hari bekerja sebagai seorang teknisi piranti lunak, sekaligus sebagai salah satu tokoh penggerak kampanye #ILookLikeAnEngineer pada awal tahun ini.

"Facebook mengira saya seorang teroris. Tampaknya menunjukkan paspor saya sebagai bukti masih belum cukup untuk membuka kembali akun milik saya," kicaunya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari News.com, Rabu (18/11/2015), Facebook pun mendengar keluhan tersebut dan berusaha untuk mengembalikan akun milik Anchalee.

"Isis, kami minta maaf atas kejadian ini. Saya tidak paham apa yang terjadi, tetapi sudah melaporkannya kepada orang yang bertugas di sana dan kini sedang berusaha memperbaikinya," jawab Omid Farivar, seorang peneliti di Facebook.

"Akun milikmu mestinya akan dikembalikan. Sekali lagi, saya minta maaf," ujarnya.

Akun Facebook milik Anchalee pun akhirnya kembali bisa dibuka. Menurut dia, hal itu terlaksana setelah dia tiga kali mencoba mengirimkan informasi mengenai dirinya.

Gadis cantik itu juga sempat mengungkap bahwa kesalahpahaman semacam ini memang kerap menimpanya, misalnya ketika dia memesan layanan taksi Lyft atau Uber.

Selain Anchalee, ada kemungkinan peristiwa serupa terjadi pada ribuan orang Amerika Serikat lain. Faktanya, situs US Social Security mencatat bahwa sejak tahun 2000 ada sekitar 8.789 orang yang menggunakan nama Isis.

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReza Wahyudi

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM